Prakiraan Cuaca DIY 15-17 Oktober 2024: Waspadai Hujan Lokal dan Gelombang Tinggi di Samudera Hindia

  • Whatsapp
pohon dan baliho ambruk
Pohon dan baliho tumbang di Sleman. (Foto: Luftiana Darhani)

BacaJogja – BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada periode 15-17 Oktober 2024. Berdasarkan analisis atmosfer terkini, wilayah DIY diperkirakan akan mengalami cuaca yang bervariasi dengan potensi hujan ringan di beberapa daerah, khususnya bagian utara Sleman, Kulon Progo, dan Gunungkidul.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk waspada terhadap gelombang tinggi di Samudera Hindia yang dapat mencapai 4 meter.

Read More

Umroh akhir tahun

Baca Juga: Operasi Zebra Progo 2024 Dimulai: 980 Personel Siap Tertibkan Lalu Lintas di Kulon Progo

Detail Prakiraan Cuaca

1. 15 Oktober 2024: Potensi hujan ringan terjadi di Sleman bagian utara, Kulon Progo bagian utara, dan Gunungkidul bagian utara.
2. 16 Oktober 2024: Hujan ringan diprakirakan terjadi di Sleman bagian utara dan Kulon Progo bagian utara.
3. 17 Oktober 2024: Potensi hujan ringan hanya akan terjadi di Sleman bagian utara.

Meski potensi hujan bersifat lokal dan tidak signifikan, masyarakat yang berada di wilayah tersebut disarankan tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang mendadak, terutama pada siang hingga sore hari.

Baca Juga: Perempuan Nekat Lompat dari Jembatan Kalibayem Bantul

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono mengatakan, BMKG mengidentifikasi bahwa angin timuran masih mendominasi wilayah Jawa dengan kecepatan mencapai 50 km/jam. Sementara suhu muka laut di Samudera Hindia Selatan Jawa terpantau berada pada kisaran 26-28°C, dengan anomali suhu yang relatif hangat.

“Kelembapan udara pada ketinggian 1.5 hingga 3.0 km juga cukup tinggi, yaitu antara 55-90%, yang memungkinkan terbentuknya awan hujan terutama di wilayah DIY bagian utara,” katanya dalam siaran pers, Senin, 14 Oktober 2024.

Baca Juga: Menyelami Pesona Kuliner Berbasis Budaya Yogyakarta yang Menggoda Selera

Warjono mengimbau masyarakat agar lebih memperhatikan kondisi cuaca dalam beberapa hari ke depan. “Potensi hujan memang lebih dominan di wilayah bagian utara DIY, namun yang perlu lebih diwaspadai adalah gelombang tinggi di Samudera Hindia. Masyarakat pesisir, khususnya nelayan dan pelaku wisata pantai, diharapkan berhati-hati karena gelombang dapat mencapai 4 meter,” jelas Warjono.

Ia juga menambahkan, “Perubahan cuaca bisa terjadi sewaktu-waktu, terutama di siang hingga sore hari. Kami selalu menyarankan masyarakat untuk memantau perkembangan informasi cuaca melalui kanal resmi BMKG agar selalu terinformasi dengan baik.”

Imbauan untuk Masyarakat

– Waspadai potensi gelombang tinggi di Samudera Hindia Selatan DIY yang diperkirakan mencapai ketinggian 2.5 hingga 4 meter selama periode prakiraan cuaca ini.
– Selalu perbarui informasi cuaca melalui media sosial BMKG atau aplikasi “Info BMKG” untuk mendapatkan informasi terkini yang lebih detail dan akurat. []

Related posts