Penampakan Pabrik Mix Beton di Sedayu Bantul Bak Erupsi Debu

  • Whatsapp
pabrik mix beton sedayu
Penampakan pabrik seperti erupsi debu di Sedayu Bantul. (IG Merapi_uncover)

BacaJogja – Sebuah pabrik di kawasan Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengalami insiden yang menghebohkan pada Selasa, 22 Oktober 2024, pukul 09.40 WIB. Kejadian ini juga viral di media sosial, sejumlah platform medsos mengunggah visual ‘erupsi debu’ ini.

Peristiwa ini terjadi di Pabrik Mix Beton di Jalan Wates KM 13, Kalurahan Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Penyebabnya diduga karena ada kerusakan katup penampung semen yang mengalami anjlok, mengakibatkan debu pekat menyebar luas.

Read More

Umroh akhir tahun

Baca Juga: Teras Malioboro: Pusat Wisata Belanja dan Ekonomi Kreatif, Destinasi Andalan Yogyakarta

Debu yang beterbangan mengganggu permukiman warga sekitar serta pengguna jalan yang melintas di dekat lokasi pabrik.

Panewu Sedayu, Anton Yulianto, membenarkan adanya kejadian tersebut. “Benar ada kejadian itu di timur Klangon. Kejadiannya sekitar pukul 09.40 WIB. Itu pabrik mix beton,” ungkap Anton.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tim pemadam kebakaran (Damkar) dari Pemkab Bantul bersama sejumlah relawan segera dikerahkan untuk menanggulangi dampak insiden.

Baca Juga: Dari Masjid Jogokariyan, Warga Yogyakarta Deklarasi Perangi Peredaran Miras

Mereka melakukan penyemprotan air untuk membersihkan debu yang berpotensi kembali beterbangan jika tertiup angin. “Sudah diatasi, tadi langsung pembersihan material berbentuk debu dengan cara disemprot air,” tambah Anton.

Meski tidak menimbulkan korban, insiden ini tetap menjadi sorotan warga setempat, karena debu yang dikeluarkan pabrik memberikan efek visual seperti erupsi gunung. “Material yang keluar berbentuk debu halus, dan ketika katup anjlok, efeknya seperti asap erupsi gunung,” ujar Anton. []

Related posts