Empat Rekomendasi Event di Bantul Yogyakarta Juni 2023

  • Whatsapp
event bantul jogja
Event di Bantul Juni 2023. (Foto: Facebook Bantul Events)

BacaJogja – Bulan Juni yang masih menyisakan dua minggu ke depan, masih ada beberapa event yang menarik untuk disaksikan. Bagi wisatawan yang sedang berkunjungi di Bumi Projotamansari, sayang jika melewatkan event yang digelar pada minggu ketiga dan keempat bulan Juni 2023 ini.

Biar tidak terlewatkan acaranya, simak empat event yang direkomendasikan redaksi BacaJogja di bawah ini:

Read More

Umroh liburan

1. Perayaan Peh Cun
Warga Tionghoa Yogyakarta menggelar perayaan Peh Cun pada 21-22 Juni 2023. Lokasi di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Acara dimerihakan kesenian barongsai, liong serta tradisi mendirikan telur hingga tarian tradisional.

Baca Juga: Enam Rekomendasi Event Terbaik Akhir Pekan di Yogyakarta

Peh Cun yang punya makna wujud rasa syukur atas berkah yang melimpah. Peh Cun merupakan peristiwa ketika matahari bersinar paling terang. Bagi etnis Tionghoa, momentum itu berarti membawa berkah yang besar pula.

Perayaan Peh Cun yang dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek itu merupakan hari mengucapkan syukur pada musim kemarau sekaligus mengenang negarawan Tiongkok, Qu Yuan sebagai orang yang pandai dan jujur mengabdi pada negaranya.

Baca Juga:

2. Memetri Kali Progo
Event ini merupakan wujud syukur kepada Tuhan atas limpahan berkah dengan adanya Kali Progo menjadikan sumber kehidupan dan sarana mencari nafkah bagi warga Bendo, Trimurti, Srandakan, Bantul. Itulah kenapa digelar upacara adat Memetri Kali Progo, dengan harapan agar masyarakat menyadari pentingnya sungai bagi kehidupan.

Memetri Kali Progo pada 23-25 Juni 2023 di kawasan Bendungan Sapon dan Destinasi Wisata Bendo. Tema yang diangkat adalah “Mili Ning Aja Keli”.

Baca Juga: Update Daftar Event Yogyakarta Juni 2023, Lebih Lengkap!

3. Pahargyan Ekaristi
Salah satu momen besar Gereja HKTY Ganjuran Bantul Yogyakarta digelar pada Minggu, 25 Juni 2023. Jemaat Katholik dari berbagai tempat, tidak hanya dari Bantul ikut mengusung pelaksanaan tersebut.

Acara tahun lalu bertajuk Pahargyan Ekaristi Prosesi Agung 2022, yaitu Prosesi Peringatan Pelindung Gereja. Dipimpin oleh Romo Sugihartanto, acara ini juga mendapatkan kunjungan dari wakil bupati Bantul Joko B. Purnomo.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Event Budaya di Yogyakarta Juni 2023

4. Festival Takbir Keliling
Festival Takbir Keliling dalam rangka menyemarakkan Idulada 1444 H/2023 di Kabupaten Bantul digelar di sejumlah lokasi. Event ini digelar mulai 28 Juni hingga 1 Juli 2023.

Adapun jadwalnya:
1. Festival Sriharjo, Rabu, 28 Juni 2023. Rute dari Lapangan Sriharjo – menuju Gondosuli – Trukan Dogongan – Mojohuro dan terakhir kembali ke Lapangan Sriharjo.
2. Karnaval Takbir IRM Jambidan, Kamis, 29 Juni 2023. Rute dimulai dari Lapangan Potorono dan finish di Lapangan Jambidan.
3. Festival Takbir Trimulyo pada Jumat, 30 Juni 2023.
4. Festival Takbir Keliling Palbapang pada Sabtu, 1 Juli 2023[]

Related posts