Info Lengkap WJNC 2024: Jam Penutupan Jalan, Rute Alternatif hingga Kantong Parkir

  • Whatsapp
rekayasa lalin wjnc 204
Penyiapan perangkat water barier untuk penutupan jalan menuju gelaran WJNC #9. (Pemkot Jogja)

BacaJogja – Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #9 pada Senin, 7 Oktober 2024, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta telah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan utama, terutama di sekitar Tugu Pal Putih. Persiapan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran lalu lintas selama acara karnaval yang menjadi salah satu agenda budaya terbesar di Yogyakarta.

Penutupan Jalan Mulai Pukul 14.00 WIB

Hary Purwanto, Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Keselamatan Lalu Lintas Dishub Kota Yogyakarta, menyebutkan bahwa lebih dari 70 water barrier (pembatas jalan) telah ditempatkan di 12 titik strategis sejak Jumat (4/10/2024). “Sebagai bagian dari persiapan, kami menempatkan 74 water barrier di titik-titik yang nantinya akan digunakan untuk penutupan jalan, namun penempatan tersebut masih di sisi jalan dan akan dipindahkan ke tengah saat hari pelaksanaan,” ujarnya.

Read More

Umroh akhir tahun

Baca Juga: Keseruan di Jogja Second Fest Vol. 9: Weekend Seru Penuh Thrift, Musik, dan Kreativitas!

Penutupan jalan direncanakan akan dimulai pada pukul 14.00 WIB pada hari H, namun dapat berubah tergantung pada kondisi lalu lintas saat itu. “Kami akan menutup jalan sesuai situasi, jika diperlukan lebih cepat maka akan ditutup lebih awal. Namun, jika masih memungkinkan, arus lalu lintas akan kami alirkan sebagian hingga area benar-benar siap,” tambah Hary.

Ruas Jalan yang Ditutup dan Perubahan Pengaturan Parkir

Tahun ini, beberapa ruas jalan utama yang sebelumnya dibuka kini ditutup sepenuhnya. Jalan Sabirin, yang pada WJNC tahun-tahun sebelumnya masih bisa dilewati, akan ditutup total. Selain itu, Jalan Diponegoro, yang biasanya menjadi lokasi parkir VIP, kini dialihkan untuk area steril karena menjadi bagian dari rute karnaval dan digunakan untuk kendaraan hias.

“Penutupan ini dilakukan agar acara berjalan lancar tanpa gangguan, dan untuk memfasilitasi mobilisasi peserta karnaval serta peralatan pendukung,” jelas Hary.

Baca Juga: Mengenal Klub Mencari Bunga: Komunitas Unik Pecinta Flora di Yogyakarta

Imbauan untuk Masyarakat: Gunakan Rute Alternatif

Dishub Yogyakarta telah memasang spanduk di beberapa simpang jalan seperti Simpang Galeria untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai penutupan jalan dan rute alternatif yang bisa dilalui. Masyarakat diimbau agar menghindari kawasan Tugu Pal Putih, terutama bagi yang tidak berkepentingan langsung di area tersebut, guna menghindari kemacetan.

“Kami berharap masyarakat memahami penutupan jalan yang dilakukan demi kelancaran acara, dan diharapkan untuk memilih jalur alternatif jika tidak memiliki keperluan mendesak di kawasan Tugu Pal Putih,” ujar Hary.

Baca Juga: Polres Kulon Progo Intensifkan Penyuluhan Cegah Penipuan dan Judi Online: Edukasi Masyarakat di Era Digital

Kantong Parkir yang Disediakan

Untuk memudahkan pengunjung yang datang ke WJNC #9, Dishub juga telah menyiapkan kantong parkir di beberapa lokasi sekitar acara. Pengaturan parkir ini akan membantu mengurangi kepadatan di sekitar area utama karnaval.

Untuk mempermudah warga mendapatkan informasi terkait ruas jalan yang ditutup dan lokasi kantong parkir selama WJNC #9, pemerintah menyediakan panduan yang dapat diunduh melalui situs resmi Pemkot Yogyakarta atau melalui grafis di bawah ini:

rekaysa lalu lintas WJNC 2024
Rekaysa lalu lintas WJNC 2024 (Istimewa)

Related posts