Transformasi Toleransi: Disertasi Iwan Setiawan tentang Kesejahteraan Mahasiswa Non Muslim di Kampus Islam

  • Whatsapp
promosi doktor iwan setiawan
Para pimpinan PWM DIY hadir dalam acara promosi doktor Iwan Setiawan (Istimewa)

BacaJogja – Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DI Yogyakarta Iwan Setiawan berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengalaman Pemenuhan Kesejahteraan Spiritual Mahasiswa Non Muslim di Kampus Islam di Yogyakarta “. Sidang promosi doktor digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat 19 Juli 2024.

Dalam disertasinya, ia menyampaikan bahwa Kampus Islam perlu membuat kebijakan yang holistik atau menyeluruh dalam membangun kesejahteraan spiritual mahasiswa Non Muslim di Kampus Islam. Kebijakan yang holistik ini dimulai dari membangun paradigma toleransi otentik untuk Civitas Akademika Kampus Islam. Ketika kebijakan holistik diterapkan, diharapkan dapat membangun nilai-nilai kesejahteraan mahasiswa Non Muslim di Kampus Islam.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Jadwal Pendaftaran, Syarat, dan Ketentuan Beasiswa 1.000 Santri Seluruh Indonesia

Ia juga menyampaikan bahwa Kampus Islam yang menerima mahasiswa Non Muslim memiliki tantangan yang dinamis. Tentu banyak nilai positif yang didapatkan ketika menerima mahasiwa Non Muslim. Seperti Kampus yang diminati oleh mahasiswa Non Muslim adalah Kampus yang memiliki kualitas yang unggul.

Iwan yang juga Dosen mata kuliah Al-Islam di UNISA Yogyakarta, mengambil penelitian ini karena ingin menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan mahasiswa Non Muslim yang kuliah di Kampus Islam, mengapa mahasiswa Non Muslim memilih Kuliah di Kampus Islam, bagaimana praktik toleransi mahasiswa Muslim dan Non Muslim dan bagaimana pengalaman mahasiwa Non Muslim dalam memenuhi kebutuhan kesejahteraan spiritualnya.

Baca Juga: Baznas dan Muhammadiyah Salurkan Beasiswa dan Riset Rp 7 Miliar

“Saya melihat mahasiswa Non Muslim yang kuliah di Kampus Islam di Yogyakarta bila hak-hak kesejahteraan spiritual ini dipenuhi, akan membawa kepada kebahagian dan nilai-nilai positif dari mahasiswa ketika menjadi mahasiswa di Kampus Islam,” jelas Iwan yang juga anggota Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah.

Sidang Promosi disertasi ini dipimpin oleh Zuly Qodir selaku Wakil Direktur Pasca Sarjana UMY dan Syifa Amin Widigdo selaku Ketua Prodi S3 Psikologi Pendidikan Islam. Selaku penguji disertasi adalah Muhammad Azhar, Akif Khilmiyah, Syafri Sairin, Abd Majid, Khoiruddin Bashori dan Sutrisno.

Baca Juga: Hebat, Keluarga Besar Supardi Wates Kulon Progo Panen Doktor

Hadir dalam sidang promosi doktor ini Warsiti Rektor Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Muhammad Ikhwan Ahada Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY dan anggota PWM DIY, Organisasi Otonom Angkatan Muda Muhammadiyah, keluarga besar Bani Padmowiharjo, keluarga Besar Bani Hisyam dan kolega Iwan Setiawan.

Dalam Sidang Promosi Doktor ini Iwan Setiawan dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar doktor dan menjadi doktor ke-143 yang diluluskan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. []

Foto-foto Sidang Promosi disertasi Wakil Ketua PWM DIY Iwan Setiawan

iwan setiawan
Iwan Setiawan bersama istri (istimewa)

— 000 —

promosi doktor umy
Iwan Setiawan berfoto bersama para penguji sidang promosi doktor (Istimewa)

— 000 —

iwan setiawan dan kolega
Iwan Setiawan berfoto bersama kolega (Istimewa)

— 000 —

Syauqi memberi ucapan selamat
Anggota DPD RI terpilih Syauqi Soeratno memberi ucapan selamat kepada Iwan Setiawan. (Istimewa)

— 000 —

afnan hadikusumo
Anggota DPD RI Afnan Hadikusumo berfoto bersama Iwan Setiawan. (Istimewa)

— 000 —

dosen penguji
Penguji DR H Khoirudin Bashori bersama mantan kepala SMP muhammaadiyah 7 Kotagede Hj Nilawati Isdwiantari, S.Pd, M.Pd (Istimewa)

Related posts