Daftar Empat Pimpinan DPRD DIY Resmi Dilantik, Ini Pesan Sri Sultan

  • Whatsapp
pelantikan pimpinan DPRD DIY
Pelantikan dan pengambilan sumpah empat pimpinan DPRD DIY. (Istimewa)

BacaJogja – Empat pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY resmi mengucapkan sumpah jabatan untuk masa bakti 2024-2029 dalam Rapat Paripurna yang berlangsung di Ruang Rapat DPRD DIY.

Keempat pimpinan yang dilantik adalah :
1. Ketua DPRD Nuryadi dari Fraksi PDIP
2. Wakil Ketua 1 Budi Waljiman dari Fraksi Gerindra
3. Wakil Ketua 2 Imam Taufik dari Fraksi PKS
4. Wakil Ketua 3 Umaruddin Masdar dari Fraksi PKB.

Read More

Umroh akhir tahun

Baca Juga: Kisah Buruh Cuci di Bantul, Menabung Uang Receh Sekian Tahun untuk Bisa Umrah ke Tanah Suci

Acara yang berlangsung pada Rabu, 23 Oktober 2024 ini dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Wakil Gubernur KGPAA Paku Alam X, Sekretaris Daerah Beny Suharsono, serta perwakilan Forkopimda dan seluruh anggota DPRD DIY. Prosesi pengucapan sumpah/janji dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Setyawan Hartono, dan disaksikan para tamu undangan.

Dalam pidato sambutannya, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menekankan pentingnya amanah rakyat yang diemban oleh para anggota dewan. Menurutnya, pemilihan langsung oleh rakyat memberikan kedudukan terhormat kepada wakil rakyat, sehingga segala tugas, wewenang, dan hak DPRD harus dijalankan dengan integritas dan berfokus pada kepentingan masyarakat.

Baca Juga: Pentjak Wisata Budaya Hadir Lagi di Yogyakarta: Upaya Merangkul Dunia dengan Warisan Leluhur

Sri Sultan mengingatkan agar pimpinan DPRD selalu memprioritaskan dialog kritis-konstruktif dalam pengawasan jalannya pemerintahan dan pembangunan daerah. Ia juga mengapresiasi komitmen DPRD untuk bekerja secara kritis-korektif sebagai mitra Pemerintah Daerah.

“Pimpinan dan anggota Dewan bersama Pemda harus mampu menerjemahkan konsep otonomi daerah dalam berbagai perangkat hukum dan peraturan yang diperlukan, untuk mendukung pembangunan yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan,” ungkap Sri Sultan.

Baca Juga: Salak Sleman: Ikon Pertanian Lokal yang Semakin Diminati Pasar Global

Ketua DPRD DIY terpilih, Nuryadi, dalam sambutannya berkomitmen untuk menjalankan tugas sesuai fungsi DPRD, termasuk legislasi, penganggaran, dan pengawasan. Ia juga menekankan pentingnya menjaga hubungan harmonis antara legislatif dan eksekutif di DIY guna mencapai kesejahteraan masyarakat.

“Kami siap menghadapi tantangan, termasuk pengembangan ekonomi dan penguatan sektor pariwisata serta kebudayaan DIY agar tetap menjadi ikon nasional dan internasional,” ujar Nuryadi.

Momen pelantikan ini menandai langkah awal bagi DPRD DIY dalam menjalankan amanah rakyat dengan penuh tanggung jawab. Para pimpinan diharapkan dapat bekerja secara efektif dan sinergis bersama Pemerintah Daerah untuk mewujudkan kehidupan demokrasi yang lebih baik di Yogyakarta. []

 

Related posts