Hari Lahir Pancasila 1 Juni Ada Kirab Budaya dan Parade Drumband di Malioboro

  • Whatsapp
parade hari pancasila
Ilustrasi parade parade Hari Pancasila. (Istimewa)

BacaJogja – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) bersama Bakesbangpol Kota Yogyakarta menggelar kegiatan Parade Seni dan Budaya lintas suku/etnis dalam rangka memeperingati Hari Lahir Pancasila diperingati tiap 1 Juni.

Ketua FPK Kota Yogyakarta Wahyu mengatakan, aara parade seni dan budaya bertema “Kebersamaan Dalam Keberagaman“ ini diadakan bertepatan dengan peringatan hari lahir Pancasila, 1 Juni 2024. Acara digelar dimulai dari kantor DPRD DIY di Jalan Malioboro sampai Titik Nol Kilometer Yogyakarta dari pukul 17.45 WIB.

Read More

Baca Juga: Meriahkan PBTY 2023, Taruna AAU Kirab Drumband di Malioboro Hari Ini

“Para peserta devile akan membagikan bendera kecil kepada para penonton sesuai program pembagian 1 juta bendera oleh Kemendagri,” katanya, dalam siaran pers.

Parade Seni dan Budaya lintas suku/etnis diikuti perwakilan Sumatra Barat, Jawa Barat, Maluku, Sulawesi Tengah, Kepri, Papua Tengah, Bali, Kalimantan Timur, DIY, dan etnis Tionghoa.

Selain itu Drumband Gita Dirgantara AAU, Liong Hoo Hap Hwee Yogyakarta, serta Paskibraka kota Yogyakarta menjadi special performer sebagi symbol jiwa patriotisme Pancasila yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Saksikan! Kirab dan Display Drumband AAU di Malioboro dan Kulon Progo

“Selain melakukan parade, para peserta juga melakukan unjuk gelar keindahan seni budaya dari daerah asalnya,” ungkapnya.

Menurut dia, FPK menggelar acara ini mengingat sebagai kota Pelajar, Yogyakarta menjadi rujukan anak muda Indonesia untuk menuntut ilmu. Hal ini menjadikan Yogyakarta juga dijuluki sebagai Indonesia kecil.

Keberagaman ini menjadi perhatian serius yang harus di dikelola secara baik, agar supaya terjadi pembauran antar suku, ras, golongan dan etnis baik melalui interaksi antar individu maupun kelompok.

Baca Juga: Rute Drumband Tour de Campus AAU Yogyakarta, Minggu 25 September 2022

Mengingat pembauran kebangsaan merupakan bagian penting dari kerukunan nasional sebagai upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa serta memperkokoh integritas nasional dalam menegakkan kedaulatan NKRI yang berdasarkan Pancasila.

Maka pemerintah mewujudkannya dengan mengeluarkan Permendagri no.36 tahun 2006 mengenai Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan Daerah. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *