SDN Ungaran 1 B dan SDN 2 Wonoharjo B Juara MilkLife Soccer Challenge Yogyakarta Series 1 2024

  • Whatsapp
juara MilkLife Soccer Challenge – Yogyakarta Series 1 2024
juara MilkLife Soccer Challenge – Yogyakarta Series 1 2024 (Istimewa)

BacaJogja – SDN Ungaran 1 B berhasil menjadi juara usai mengalahkan tim dari SD Tarakanita Bumijo 1 lewat drama adu penalti pada laga pamungkas KU 10 MilkLife Soccer Challenge – Yogyakarta Series 1 2024 yang diselenggarakan di Stadion Tridadi, Sleman pada Minggu, 28 Juli 2024. Sementara pada KU 12, SDN 2 Wonoharjo B Kebumen sukses meraih gelar juara setelah mengalahkan SDN Graulan di partai final.

Kepala Pelatih MilkLife Soccer Challenge, Coach Timo Scheunemann mengatakan, potensi maupun skill 452 siswi dari 24 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) yang terlibat di Yogyakarta Series 1 terbilang cukup membanggakan.

Read More

Umroh liburan

“Meski banyak yang baru pertama kali bermain maupun mengikuti turnamen sepak bola putri, mereka memiliki bakat yang potensial untuk dikembangkan secara lebih serius lagi,” katanya usai laga.

Baca Juga: Daftar Musisi Siap Gebrak Dirgahayu ke-193 Bantul Akhir Pekan ini di Trirenggo

Coach Timo mengapresiasi adik-adik yang telah berpeluh keringat selama turnamen berlangsung. Dia berharap agar para guru maupun pelatih di DIY seluruhnya bisa mengikuti MilkLife Coaching Clinic sebelum turnamen MilkLife Soccer Challenge bergulir.

“Agar mereka bisa mengaplikasikannya ke anak didik. sehingga peserta memiliki pemahaman dan teknik dasar yang merata. Dengan begitu, persaingan antar tim pasti akan lebih kompetitif,” ujarnya.

Partai final MilkLife Soccer Challenge – Yogyakarta Series 1 2024 juga mendapat perhatian dari punggawa PSS Sleman, Kim Jeffry Kurniawan.

Baca Juga: Mengintip Lensa Gen Z, Pameran dan Workshop Fotografi Kampus UMKLA Buka Jendela Kreativitas

Gelandang tengah kelahiran Jerman ini mengapresiasi turnamen yang digagas oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation dan MilkLife, karena dinilai menjadi angin segar bagi kejayaan sepak bola putri Tanah Air. Ketika menyaksikan langsung dari bangku tribun, ia serasa nostalgia mengingat masa kecil di kampung halaman.

juara ku 12
SDN Ungaran 1 B menjadi juara KU 10 MilkLife Soccer Challenge – Yogyakarta Series 1 2024 (Istimewa)

“MilkLife Soccer Challenge mengingatkan saya pada masa kecil saya di Jerman, karena di sana banyak turnamen seperti ini. Jadi melihat anak-anak yang mendapat dukungan dari orangtua maupun pihak sekolah, saya merasakan hal itu dulu,” jelasnya.

Baca Juga: Toko Kopi Tuku: Jejak Melbourne dari Jakarta Menghangatkan Yogyakarta

Dia berharap dengan adanya turnamen ini, sepak bola putri dapat terus berkembang dan berprestasi seperti sepak bola putra, mulai dari tingkat ASEAN dan level yang lebih tinggi lagi.

Jalannya Laga Partai Final

Pertandingann partai puncak berlangsung seru. Pada pertandingan penentu KU 10, para pemain dari SDN Ungaran 1 B bermain secara kompak dan kerap kali melakukan pressing serangan ke daerah SD Tarakanita Bumijo 1.

Terbukti, strategi permainan yang dilakukan berhasil membuahkan gol di menit 4 babak pertama oleh pemain bernomor punggung 12, Naila Hayu Abhinaya. Naila sukses memanfaatkan kemelut di mulut gawang.

Selain kekompakan tim dan strategi permainan yang diterapkan, SDN Ungaran 1 B juga memboyong supporter yang meramaikan bangku tribun. Sorak riuh dari para orangtua, guru, dan teman sekolah membuat mereka semakin tampil percaya diri kala mengolah ‘si kulit bundar’ di lapangan.

Baca Juga: Wartawan Senior Itu Meraih Gelar Doktor Gegara Ucapan Sultan

Di menit 15 sebelum jeda turun minum, lancaran tendangan dari Althafunnisa Adekinar Larasati kembali menambah torehan gol berkat kerjasama tim.

Sementara di babak kedua, SD Tarakanita Bumijo 1 berusaha mengejar ketertinggalannya. Selain bermain lebih agresif, mereka menaruh dua pemain untuk menjaga pergerakan dari pengatur serangan SDN Ungaran 1 B, Humaira Kun Adzikra.

Alhasil langkah tersebut membuat tim SD Tarakanita Bumijo 1 menyarangkan gol yang tercipta dari Mikaela Fruma Adaninggar di menit 19 usai membongkar pertahanan lawan. Jelang 6 menit berselang, Mikaela kembali menorehkan namanya di papan skor usai timnya melakukan counter attack dan tendangan kencang dari luar kotak penalti.

Baca Juga: Musywil MES DIY Digelar Sabtu, Masih Sulit Mencari Ketua Baru

Hingga pluit panjang dibunyikan, skor menjadi imbang 2-2 sehingga terjadi drama adu penalti. Karena tensi pertandingan yang cukup tinggi, penendang pertama dari kedua tim gagal membuahkan gol. Sementara Humaira Kun Adzikra sebagai penendang kedua SDN Ungaran 1 B berhasil membobol gawang.

Beda halnya dengan penendang kedua dari SD Tarakanita Bumijo 1. Lalu Gabriella Zeta Tampubolon sebagai penendang ketiga pun menjadi semakin percaya diri dan membawa kemenangan untuk SDN Ungaran 1 B.

SD muh pakel
SD Muhammadiyah Pakel meraih Runner Up KU 10 penalty shoot Milklife Soccer Challenge Yogyakarta Series 1 2024 (Foto: Milklife Soccer)

Humaira mengaku di pertandingan gagal mencetak gol penalti dari pelanggaran lawan, tapi untungnya di babak penalti berhasil. Sempat kebingungan dan susah gerak juga tadi saat tanding karena aku dijaga dua pemain lawan.

Baca Juga: Kampung UFO Yogyakarta, Pesona Estetika Antariksa dalam Upaya Pelestarian Lingkungan

“Tapi aku ingat pesan pelatih untuk bermain tenang dan berani. Apalagi banyak supporter yang membuat aku dan tim lebih semangat bertanding,” ujar siswi yang baru mengenal sepak bola dua bulan terakhir.

Sementara pada babak pamungkas KU 12, jual beli serangan terjadi antara SDN 2 Wonoharjo B dan SDN Graulan. Tempo permainan kedua tim berlangsung cepat. Namun sayang skor kacamata menutup babak pertama.

Usai jeda turun minum, SDN 2 Wonoharjo B tampil lebih ofensif. Di menit 18, Talita Afra Arkhana langsung menyambar operan rekannya dari corner kick dengan tendangan menjurus yang gagal dihalau oleh kiper lawan. Keunggulan semakin memihak ke SDN 2 Wonoharjo B berkat cetakan gol Khanza Eliyani Pramudita lewat sepakan ke pojok kiri bawah gawang usai melakukan aksi individual yang cukup baik.

Baca Juga: Jogja Museum Expo 2024: Gratis Tur Istana Kepresidenan Yogyakarta

Khanza Eliyani Pramudita yang menjadi penentu kemenangan untuk timnya merasa bangga. Terbiasa bertanding dengan pemain laki-laki di Sekolah Sepak Bola (SSB) Bintang Manis, kini ia semringah bisa mengikuti turnamen yang seluruh pesertanya perempuan.

Dirinya berharap agar raihan prestasi di MilkLife Soccer Challenge – Yogyakarta Series 1 ini dapat dipertahankan di gelaran series berikutnya.

“Lawannya tadi di final cukup sulit. Untungnya tim aku main sabar dan akhirnya bisa menang. Aku juga senang dengan ikut di turnamen ini, selain jadi pengalaman baru bisa nambah banyak teman walaupun jaraknya jauh,” ujar Khanza yang datang dari sekolah asal Kebumen.

Daftar Pemenang MilkLife Soccer Challenge – Yogyakarta Series 1 2024:

Kategori Usia 10
Juara : SDN Ungaran 1 B
Runner-up : SD Tarakanita Bumijo 1
Semifinalis : SD Muhammadiyah Pakel dan SD Muhammadiyah Sapen 1
Top Scorer : Humaira Kun Adzikra (15 gol) – SDN Ungaran 1 B
Best Player : Shima Putri Larasati – SD Muhammadiyah Sapen 1
Best Goalkeeper : Brigita Argyabening Primawidha – SD Tarakanita Bumijo 1
Fairplay Team : SD Muhammadiyah Pakel

Kategori Usia 12
Juara : SDN 2 Wonoharjo B Kebumen
Runner-up : SDN Graulan
Semifinalis : SDN Sleman 5 dan MIS Al Islamiyah Grojogan
Top Scorer : Myesha Naufalin Ramadhani (21 gol) – SDN Sleman 5
Best Player : Fiona Andara Putri – SDN Graulan
Best Goalkeeper : Violla Setia Putri – SDN Sleman 5
Fairplay Team : SDN 2 Wonoharjo B

Kunjungi www.milklifesoccer.com untuk melihat jadwal, hasil pertandingan, klasemen, hingga daftar pencetak gol MilkLife Soccer Challenge. Dan ikuti akun media sosial MilkLife Soccer Challenge (Instagram @milklifesoccer, TikTok @milklifesoccer, YouTube @milklifesoccer) untuk mendapatkan informasi menarik seputar pengembangan sepak bola putri.

Tentang MilkLife Soccer Challenge:

MilkLife Soccer Challenge merupakan turnamen yang digagas oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation dan MilkLife yang mempertandingkan siswi Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan kategori usia (KU) 10 dan KU12. Berbeda dengan sepak bola dewasa, sepak bola di dua kelompok usia ini menggunakan bola ukuran 4 dengan diameter 63,5 hingga 66 cm dan berbobot 0,33-0,36 kg. Luasan lapangan pun menyusut menjadi 24×40 meter dan gawangnya berukuran 2×5 meter.

Pertandingan mengadopsi format 7 vs 7 dengan durasi permainan 2×10 menit pada fase grup dan 2×15 menit untuk babak semifinal dan final yang dipisahkan dengan jeda istirahat selama 5 menit. Setiap tim diperkuat oleh minimal 8 pemain dan maksimal 12 pemain dengan ketentuan setiap peserta yang didaftarkan harus turut bermain.

MilkLife Soccer Challenge bertujuan untuk membangkitkan semangat dan kecintaan berolahraga di kalangan siswi SD, dengan tujuan besar kelak lahir para pesepak bola putri yang akan mengharumkan nama bangsa di kejuaraan dunia. Untuk mempopulerkan sepak bola putri di kalangan siswi SD tersebut, MilkLife Soccer Challenge dijadwalkan akan bergulir sebanyak 17 kali dalam setahun di 8 kota yaitu Kudus, Surabaya, Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo. []

Related posts