Menuju Atlet Nasional, Muhammadiyah Perkenalkan Kelas Khusus Olahraga untuk Meningkatkan Prestasi

  • Whatsapp
KKO Muhammadiyah
Muhammadiyah mengembangkan Kelas Khusus Olahraga (KKO). (Istimewa)

BacaJogja – Keberadaan olahraga perlu dikembangkan di berbagai sekolah Muhammadiyah. Selain menjadi pelajaran dan ekstrakurikuler, olahraga di berbagai sekolah Muhammadiyah juga berkembang dengan adanya Kelas Khusus Olahraga (KKO).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Irwan Akib, dalam pembukaan workshop pendirian dan pengembangan sentra olahraga Muhammadiyah. Workshop yang digelar di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Senin (12/8) ini merupakan program kerja Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Liter(art)si, Menyelami Keindahan Seni Kekinian Melalui Pameran dan Teks Karya Tulis

“Dengan adanya Lembaga Pengembangan Olahraga di Muhammadiyah, pengembangan sentra olahraga Muhammadiyah bisa disinergikan dengan Majelis Pendidikan Dasar, Menengah, dan Pendidikan Nonformal. Dengan demikian, akan muncul KKO di sekolah yang bisa mendorong prestasi,” jelas Irwan.

Di berbagai sekolah Muhammadiyah telah berdiri KKO. Sementara itu, beberapa sekolah Muhammadiyah menunjukkan minatnya untuk mendirikan KKO. Merespons hal ini, LPO mengadakan workshop pendirian dan pengembangan sentra olahraga Muhammadiyah.

Baca Juga: Menyelamatkan Warisan Budaya: Sawah dan Tradisi Wiwitan dalam Kepungan Modernitas Kota Jogja

Pelaksanaan workshop juga melibatkan Majelis Pendidikan Dasar, Menengah, dan Pendidikan Nonformal Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai narasumber. Luaran dari pelaksanaan workshop ini adalah adanya buku panduan pendirian dan pengembangan sentra olahraga Muhammadiyah, termasuk KKO di dalamnya.

“Literasi fisik dan kebugaran jasmani pelajar Muhammadiyah perlu ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai titik optimal. Peningkatan prestasi olahraga sekolah/madrasah Muhammadiyah,” ujar Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar, Menengah, dan Pendidikan Nonformal Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Muhammad Khoirul Huda.

Baca Juga: Langkah Strategis Menuju Akurasi Penanggalan, Tantangan dan Manfaat Kalender Hijriah Global Tunggal

Huda menambahkan bahwa dengan adanya KKO bisa menjadi branding sekolah/madrasah Muhammadiyah, serta mendorong lahirnya atlet talenta muda, atlet elit junior, atlet elit nasional, dan pelatih profesional Muhammadiyah.

Merujuk pada Pasal 20 Undang-Undang No. 11 Tahun 2022 tentang Olahraga, disebutkan bahwa untuk memajukan olahraga prestasi, masyarakat dapat mengembangkan sentra pembinaan olahraga prestasi. Pendirian dan pengembangan sentra olahraga Muhammadiyah merupakan komitmen Muhammadiyah dalam peran serta dan pelaksanaan Undang-Undang Olahraga. []

Related posts