Kirab Bendera Merah Putih 540 Meter, Semarak Kemerdekaan di Grudo Panjangrejo Bantul

  • Whatsapp
kirab merah putih
Warga Grudo Panjangrejo Bantul menggelar kirab Merah Putih sepanjang 540 meter dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI. (Markaban Anwar)

BacaJogja – Warga Padukuhan Grudo Panjangrejo menggelar acara menarik dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-79. Ratusan warga ikut dalam kirab Merah Putih sepanjang 540 meter dari Padukuhan Grudo menuju Balai Kalurahan Panjangrejo, Pundong, Bantul, DIY, Sabtu, 17 Agustus 2024 siang.

Dukuh Grudo, Sukirdal, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air bagi seluruh lapisan warga, serta untuk memupuk rasa kerukunan dan keberagaman antar masyarakat.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Destinasi Wisata Sungai Mudal, Oase Kedamaian Tersembunyi di Kulon Progo

“Kirab bendera raksasa ini juga menjadi aksi nyata bahwa warga Padukuhan Grudo bisa bersatu dan rukun. Kirab bendera Merah Putih yang panjangnya 540 meter ini diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, ada 400-an peserta baik dari kalangan tua maupun muda yang ikut dengan penuh semangat,” kata Sukirdal.

Para peserta kirab bendera raksasa membentangkan bendera Merah Putih dan berjalan sejauh 1,5 kilometer dari Dusun Grudo menuju Balai Kalurahan Panjangrejo. Selain warga Grudo, para siswa-siswi sekolah dari SMPN 1 Pundong dan MTsN Pundong (MTsN 5 Bantul) juga turut terlibat dalam kirab tersebut.

Baca Juga: DPC PKB Bantul Resmi Dukung Muhaimin Iskandar Ketua Umum Periode 2024-2029 di Muktamar Bali

Dengan penuh semangat, anggota TNI-Polri dari Koramil Pundong dan Polsek Pundong juga ikut serta dalam kirab bendera Merah Putih ini. Selain itu, berbagai komunitas lainnya, seperti Komunitas RAPI Pundong, APO Pundong, serta Banser NU Pundong, juga turut ambil bagian dalam acara tersebut.

Para peserta kirab tersebut berjalan bersama-sama, beriring-iring secara teratur dari depan hingga belakang. Pelaksanaan kirab berlangsung setelah Dzuhur dan selesai di Balai Kalurahan Panjangrejo pada pukul 14.00 WIB. Terlihat para siswa-siswi TK dan SD se-wilayah Panjangrejo turut memeriahkan acara ini dengan berdiri di sepanjang jalan sekitar Balai Kalurahan Panjangrejo sambil mengibarkan bendera Merah Putih berukuran kecil.

Baca Juga: Merayakan HUT RI ke-79 di Yogyakarta, Gowes Susur Candi dan Upacara di Tirtosumilir

Pada kesempatan itu, Panewu Kapanewon Pundong, Vita Yuliatun, dalam sambutannya menyatakan apresiasi kepada warga Padukuhan Grudo dan masyarakat Kalurahan Panjangrejo yang dengan penuh antusias dan semangat mengikuti kirab bendera Merah Putih sepanjang 540 meter untuk memeriahkan HUT RI ke-79.

“Ini acara yang hebat. Saya menyampaikan apresiasi yang tak terhingga kepada warga Padukuhan Grudo dan Kalurahan Panjangrejo. Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang spektakuler dalam menyambut Hari Ulang Tahun RI yang ke-79,” ujar Vita Yuliatun.

“Saya berharap acara semacam ini terus dilanjutkan untuk tahun-tahun berikutnya,” tambahnya.

Baca Juga: Spesial Hari Pramuka! Cerita Horor Ketika Ikut Kemah

Di sela acara, Ketua Panitia Kirab Bendera Merah Putih, Heru Prasetyo, menyampaikan bahwa awalnya Bendera Merah Putih akan disiapkan sepanjang 1.540 meter, namun karena pertimbangan kurangnya personel, kirab bendera raksasa untuk saat ini baru sepanjang 540 meter.

“Momen peringatan HUT RI adalah momen kebersamaan yang perlu diungkapkan dengan penuh semangat. Mohon doanya, semoga di tahun-tahun selanjutnya kirab Bendera Merah Putih bisa lebih panjang dan meriah lagi,” ungkap Heru. (Markaban Anwar)

Related posts