Mahasiswi UMY Bentangkan Spanduk “Berjilbab dan Berprestasi” Saat Wisuda, Ini Maknanya

  • Whatsapp
wisuda UMY
Pelaksanaan wisuda UMY dengan membentangkan spanduk. (Foto; Dok UMY)

BacaJogja – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sukses menggelar wisuda periode I T.A 2024/2025 di gedung Sportorium UMY pada Rabu, 4 September 2024. Ada hal unik yang menjadi pusat perhatian pada akhir acara, yaitu dibentangkannya spanduk bertuliskan “Kami Berjilbab Kami Berprestasi”.

Spanduk ini dibentangkan oleh sebelas mahasiswi berprestasi pada wisuda kali ini. Suasana kembali bergemuruh menyaksikan hal yang berbeda pada saat wisuda berlangsung. UMY memang sering membuat gebrakan pada setiap rangkaian wisudanya. Pada periode wisuda sebelumnya, UMY sempat mengkampanyekan isu kemerdekaan Palestina saat acara berlangsung.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Sinergi Petani dan Polisi Mengubah Lahan Tidur Bulak Latek Kulon Progo Jadi Sumber Pangan

“Penggunaan jilbab sebagai cerminan di dunia dan akhirat,” ujar Gunawan selalu Rektor UMY dalam sambutannya, pada Rabu, 4 September 2024.

Gunawan juga menambahkan bahwa jilbab bukan sebagai halangan untuk berbuat baik dan berprestasi. Dengan demikian Ia juga berharap lahir pemimpin muda dan sukses dari UMY yang menggunakan jilbab.

Baca Juga: Kuliner Langka dan Seni Tradisional Menanti Anda di Pesta Rakyat Teras Malioboro 1

Pelaksanaan wisuda periode ini diikuti oleh mahasiswa Sarjana, Vokasi, dan Pascasarjana. Sebelumnya mahasiswa telah mengikuti pelaksanaan yudisium pada masing-masing Fakultas.

Pada acara pembukaan, selain sambutan yang diberikan oleh Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budianto, M.P., IPM., ASEAN Eng, hal yang menarik adalah sambutan yang diberikan oleh salah seorang wisudawan berprestasi, Utami Nur.

Baca Juga: Coblos Semua Calon di Pilkadal Pilkadol Kerajaan Konoha

“UMY sebagai kampus yang menjunjung tinggi nilai-nilai islam,” ujar Utari, salah seorang Wisudawan berprestasi dari Program Pascasarjana Magister Ilmu Pemerintahan. UMY mengangkat tema wisuda periode ini “Kami berjilbab kami berprestasi”. Tema ini menjadi salah satu kampanye yang disosialisasikan bersamaan dengan para tamu undangan.

Pada akhir kegiatan wisuda, sebelas orang wisudawan berprestasi wanita maju kedepan membawa spanduk bertuliskan kami berjilbab kami berprestasi. Selain itu dihadirkan sejumlah alumni UMY yang terus memperjuangkan dan mengenakan hijab selama melaksanakan pekerjaannya. []

Artikel Kiriman Muhammad Surya Kukuh
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY

Related posts