Kebakaran Melanda Rumah di Krapyak Kulon Sewon Bantul

  • Whatsapp
kebakaran bantul
Petugas memadamkan rumah yang terbakar di Krapyak Kulon Sewon Bantul. (Foto: Istimewa)

Bantul – Kebakaran melanda sebuah rumah yang berada di Gang Anggrek, Krapyak Kulon RT11, Kalurahan Panggungharjo, Kapandewon Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Senin, 23 Agustus 2021 sekitar pukul 20.45 WIB malam. Tidak ada korban jiwa dalam insiden si jago yang melahap rumah milik Sudarmadi, 50 tahun ini.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran ini. Namun pemilik rumah menduga api berasal dari tungku kayu dapur rumahnya. “Saya sedang memasak air, lalu saya tinggal nonton televisi. Saat kembali ke dapur api sudah membesar,” katanya, Senin malam.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Gudang Kayu dan Dapur di Kulon Progo Ludes Terbakar gegara Sarang Tawon

Begitu mendapati rumahnya terbakar, Sudarmadi beserta lima anggota keluarganya keluar rumah sambil minta tolong warga setempat. Dia mengaku tidak sempat menyelamatkan berharga maupun surat-surat penting. “Kami belum tahu berapa kerugian yang kami alami akibat kebakaran ini,” kata Sudarmaji.

Warga setempat sempat membantu memadamkan api dengan alat ala kadarnya namun usahanya tidak berhasil. Tak lama berselang sejumlah mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian lalu melakukan upaya pemadaman.

Baca Juga: Distributor Makanan di Sleman Terbakar, Kerugian Rp300 Juta

Hanif selaku personel SAR DIY Unit Hargobinangun yang berada di lokasi mengungkapkan, dalam upaya pemadaman ini melibatkan sembilan unit armada Damkar dan lima unit armada ambulans. Damkar berasal dari Pemkab Bantul, Pemkot Yogyakarta dan UGM.

Api behasil dijinakkan berkat kerja sama sejumlah pihak. “Dalam pemadaman ini dibantu relawan seperti dari BPBD Bantul, SAR DIY, komunitas ojek online dan warga sekitar,” ungkapnya.

Menurut dia, berdasarkan keterangan sejumlah saksi, pemilik rumah sedang masak air menggunakan tungku kayu lalu ditinggal menonton TV. Kemudian api merambat ke tumpukan kayu yang berada di dekat tungku kayu. []

Related posts