Sensasi Wayang Jogja Night Carnival #9: Gatotkaca Wirajaya Siap Membuat Anda Terkesima!

  • Whatsapp
WJNC 2024
Wayang Jogja Night Carnival #9: Gatotkaca Wirajaya Siap Membuat Anda Terkesima (Istimewa)

BacaJogja – Gatotkaca Wirajaya resmi menjadi tema Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #9 yang diluncurkan pada Jumat, 19 Juli 2024 di Ruang Bima Balai Kota. Perhelatan spektakuler ini akan digelar pada 7 Oktober mendatang sebagai puncak peringatan HUT ke-268 Kota Yogyakarta.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Muhammad Zandaru Budi, menjelaskan bahwa WJNC pertama kali digelar pada tahun 2016 dan telah masuk dalam daftar TOP 101 Karisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sejak 2021.

Read More

Umroh liburan

“Tahun 2024 ini WJNC sangat istimewa karena berhasil masuk ke dalam daftar TOP 10 Karisma Event Nusantara Kemenparekraf. Ini prestasi besar dan kebanggaan kita bersama. WJNC menjadi daya tarik utama yang semakin meningkatkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Yogya,” ujarnya.

Baca Juga: Simak! Info Rute, Rekayasa Lalu Lintas dan Kantong Parkir WJNC 2022

Zandaru juga menekankan bahwa WJNC adalah pesta rakyat dengan karakter street art yang memerlukan partisipasi masyarakat dan kehadiran wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, untuk merasakan langsung kemeriahan acara ini.

“WJNC menjadi momen spektakuler yang kami harapkan dapat meningkatkan antusiasme masyarakat dan wisatawan. Ini akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga pembangunan di Kota Yogyakarta dapat berkelanjutan dan masyarakat semakin sejahtera,” katanya.

Ndaru menambahkan bahwa akan ada seniman profesional dan seniman dari 14 Kemantren yang tampil dengan membawakan sub tema dari cerita Gatotkaca Wirajaya. Setiap kemantren akan melibatkan 50 hingga 80 seniman.

Baca Juga: Kalender Event Jogja Oktober 2022, Selain WJNC Ada Aksi Barongsai 3 Hari di Sleman

“Target penonton yang hadir langsung di WJNC #9 lebih dari 40 ribu orang, sedangkan penonton siaran langsung di YouTube lebih dari 150 ribu penonton. Gelaran ini juga akan dilengkapi dengan rangkaian kegiatan Road to WJNC #9 yang dikemas dalam WJNC Fest,” tambahnya.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY), Aldi Fadhil Diyanto, mengatakan bahwa WJNC #9 adalah event besar yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Kota Yogya.

“WJNC #9 bisa memberikan pengalaman berkesan dan mendalam bagi wisatawan, sehingga mereka akan membawa cerita menarik bagi teman-temannya sekaligus mempromosikan daya tarik wisata Kota Yogya,” ujarnya.

Baca Juga: Daftar Kantong Parkir Kawasan Tugu dan Malioboro Yogyakarta pada Malam Tahun Baru

Sementara itu, Tim Kreatif WJNC #9, Raden Mas Kristiadi, menyatakan bahwa tema Gatotkaca Wirajaya menggambarkan sosok kepahlawanan tokoh wayang Gatotkaca yang membela kebenaran dan keadilan. Kisah Gatotkaca dari lahir hingga kematiannya di perang Baratayudha akan digambarkan dengan apik.

“WJNC yang rutin dilaksanakan setiap tahun memiliki dampak positif bagi masyarakat, khususnya dalam pengembangan kreativitas seniman dan pelaku budaya di 14 Kemantren Kota Yogya. Selama sembilan tahun ini, WJNC terus berproses dan ke depan dampaknya harus lebih luas,” terangnya.

Siapkan diri Anda untuk menikmati kemeriahan Wayang Jogja Night Carnival #9 dan saksikan kisah epik Gatotkaca Wirajaya yang akan membuat Anda terpukau! []

Related posts