Simak! Info Rute, Rekayasa Lalu Lintas dan Kantong Parkir WJNC 2022

  • Whatsapp
Info Rute, Rekayasa Lalu Lintas WJNC 2022
Info Rute, Rekayasa Lalu Lintas WJNC 2022. (Foto: gudegnet)

BacaJogja – Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) sebagai puncak perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta digelar Jumat, 7 Oktober 2022. Acara yang dimulai pukul 18.30 WIB ini dipusatkan di kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Karnanal seni budaya besar-besaran yang diikuti lebih dari 500 seniman. Mereka berasal dari 14 kemantren yang ada di Kota Yogyakarta. Para seniman ini akan menyajikan suguhan penampilan seni koreogeafi, busana, musik kontemporer dan tata lighting yang menawan karya seniman-seniman ternama.

Read More

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas dan Kantong Parkir Wayang Jogja Night Carnival 2022

Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati mengatakan, karnval berjalan sejauh sepanjang 1,2 kilometer. Adapun rute yang dilalui menyusuri Jalan Sudirman ke barat sampai simpang empat Tugu Yogyakarta.

Kemudian belok ke kiri atau ke selatan masuk ke ruas Jalan Margoutomo atau Jalan Mangkubumi. Finish di depat Hotel Grand Zuri. “Jadi tidak masuk Malioboro,” katanya.

Baca Juga: Ini Rute Wayang Jogja Night Carnival 2022, Anda Mau Nonton di Mana?

Event terbesar sekaligus menjadi ikon Kota Yogyakarta ini dimulai selepas Magrib atau pukul 18.30 WIB. “Acara dimulai pukul 18.30 WIB. Sebelum acara dimulai akses menuju perempatan Tugu Pal Putih ditutup sementara selama WJNC bergulir,” kata Andrini.

Selama ini pukul 18.00 sampai 24.00 WIB, sebelum dan selama pelaksanaan WJNC 2022 sejumlah ruas jalan menuju kawasan tersebut ditutup. Petugas akan melakukan rekayasa lalu lintas demi kelancaran acara.

Baca Juga: Wayang Jogja Night Carnival, Lima Akses Jalan ke Tugu Yogyakarta Ditutup

Berdasarkan surat pemberitahuan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menyebutkan penutupan ruas jalan dilakukan di sekitar kawasan Tugu Yogyakarta. Penutupan dimulai dari simpang empat Gramedia, simpang tiga Terbang, simpang Museum Sandi, simpang empat Pingit dan simpang empat Jetis.

Rekayasa Lalu Lintas Wayang Jogja Night Carnival 2022

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Golkari Made Yulianto, penutupan sejumlah ruas jalan di seputaran Tugu Pal Putih akan dilakukan dimulai sekitar pukul 17.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Sejumlah ruas jalan yang ditutup antara lain sisi barat dari simpang Pingit, sisi utara dari simpang Jetis, serta dari Jalan C Simanjuntak yang mengarah ke barat atau arah Tugu.

Baca Juga: Agenda Event Pekan HUT ke-266 Kota Yogyakarta Resmi Mulai Hari Ini

Selain itu, sepanjang Jalan Nyoman Oka dan Faridan M Noto. Meski secara umum penutupan dilakukan pukul 17.00 WIB, untuk kawasan di Kotabaru yang menjadi titik persiapan para penampil ini, rekayasa lalu lintas dimulai sejak 15.00 WIB WIB. “Karena di sana menjadi lokasi untuk persiapan seniman yang akan karnaval,” katanya.

Golkari mengungkapkan, pihaknya sudah mensiagakan petugas untuk memperlancar buangan arus karena pasti berdampak pada ruas jalan lain di sekitar simpang yang ditutup. “Misalnya simpang empat Pingit dampaknya tentu ke Jalan Magelang, Kyai Mojo dan Tentara Pelajar. “Kami bersinergi dengan kepolisian untuk pengaturan lalu lintas,” imbuhnya.

Baca Juga: Daftar 14 Event Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta, Lengkap!

Selain itu, kata dia, petugas juga terus memantau dan monitoring volume lalu lintas di sekitaran Tugu. Saat terjadi antrean panjang kendaraan, segera dilakukan penyesuaian durasi lampu APILL-nya.

Kantong Parkir WJNC 2022

Golkari megungkapkan, warga yang hendak menyaksikan gelaran WJNC ini bisa menyesuaikan dan datang lebih awal agar menyaksikan event dengan nyaman. Sebisa mungkin datang lebih awal. “Tidak datang terlalu malam atau sebelum rekayasa lalu lintas diberlakukan,” ungkapnya.

Pihaknya sudah menyiapkan lokasi parkir khusus bagi pengunjung yang akan menyaksikan langsung event terbesar yang dimiliki Kota Yogyakarta ini. “Lokasi parkir disediakan di Jalan Ponciwinatan dan Kranggan. Parkirnya di sana lalu jalan ke Tugu, tidak terlalu jauh jalannya,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *