17 Tahun Eksis, Lotek Bu Tari di Jogja Ini Konsisten Ciptakan Cita Rasa Khas

  • Whatsapp
Lotek Bu Tari Jogja
Lotek Bu Tari di Gamping Sleman, Yogyakarta, sedang melayani pelanggan (Foto: Dien Yafi/BacaJogja)

BacaJogja – Bukan Yogyakarta namanya kalau di dalamnya tidak memiliki keanekaragaman kuliner. Yogyakarta sering kali menjadi destinasi wisata di kala liburan, dan tentu saja banyak faktor yang menjadikannya demikian, salah satunya adalah makanan.

Di daerah Gamping, terdapat sebuah menu makanan yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke sini. Nama tempatnya adalah Lotek Bu Tari.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Kirab Bendera Merah Putih 540 Meter, Semarak Kemerdekaan di Grudo Panjangrejo Bantul

Warung ini telah beroperasi sejak tahun 2007, yang berarti kini telah berusia 17 tahun. Cita rasanya yang khas dan harganya yang terjangkau menjadikan makanan ini pilihan favorit bagi para mahasiswa dan pekerja bangunan. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 9 ribu rupiah, kamu sudah bisa mendapatkan satu porsi lotek ini.

Bu Tari, sapaan akrabnya, memulai bisnis ini ketika anak-anaknya masih berusia 4 tahun. Meskipun harganya terbilang terjangkau, Bu Tari tidak memiliki niat untuk menaikkan harga per porsi loteknya.

Baca Juga: Aksi Hari Konstitusi di Titik Nol Yogyakarta Kecam Penjajahan Israel di Palestina

“Untung sedikit tidak apa-apa yang penting ada pemasukan tiap harinya,” ucap Bu Tari sambil tertawa.

Lotek ini digemari oleh banyak kalangan karena menggunakan kacang jenis mete super. Bu Tari menjelaskan bahwa kacang biasa kurang gurih, sehingga ia memilih menggunakan kacang mete berkualitas super.

Modal yang dikeluarkan setiap harinya pun berbeda-beda. “Modal di hari biasa seperti ini sekitar 700-800 ribu, tapi saat mahasiswa pada masuk bisa mencapai 1,5 hingga 1,8 juta rupiah,” tegasnya.

Baca Juga: DPC PKB Bantul Resmi Dukung Muhaimin Iskandar Ketua Umum Periode 2024-2029 di Muktamar Bali

Proses pembuatannya masih menggunakan alat-alat tradisional, seperti penumbuk batu untuk menghaluskan kacang mete tersebut.

“Kalau misalnya pakai alat bantu blender untuk menghaluskan kacang, nanti rasa yang dihasilkan itu berbeda dari hasil yang ditumbuk,” imbuhnya.

Selain memiliki cita rasa khas dan harga terjangkau, porsi yang dihidangkan di Lotek Bu Tari juga sangat banyak untuk harga hanya 9 ribu rupiah. Seperti lotek pada umumnya, dalam satu porsinya terdapat berbagai jenis makanan yang dicampur menjadi satu, seperti gorengan, ketupat, sayuran, dan tentunya bumbu kacang.

Baca Juga: Merayakan HUT RI ke-79 di Yogyakarta, Gowes Susur Candi dan Upacara di Tirtosumilir

“Lotek Bu Tari ini enak, perpaduan bumbu kacang, gorengan, dan lain-lainnya juga sangat pas. Untuk harga 9 ribu sudah cukup membuat perut saya kenyang,” kata Ardiansyah, 21 tahun, ketika diwawancarai pada Senin, 19 Agustus 2024.

Bagi kalian yang tertarik mencobanya, bisa datang ke Gang Kemuning, Jl. Delingsari, Gamping, Ambarketawang, Kab. Sleman. Makanan ini bisa menjadi pilihan saat berlibur ke Jogja. Hanya dengan 9 ribu rupiah, Anda dapat menikmati cita rasa yang berbeda dari lotek-lotek lainnya. []

Artikel kiriman Dien Yafi
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY

Related posts