Perjalanan Perkuliahan di Kampus, Antara Tantangan dan Kenangan Dunia Mahasiswa

  • Whatsapp
wisuda
Ilustrasi wisuda (Istimewa)

BacaJogja – Dunia perkuliahan adalah tahap yang akan dijalani seseorang setelah lulus dari sekolah menengah atas. Di sini, mereka akan mengalami lingkungan pendidikan yang berbeda. Misalnya, di SMA, jika siswa tidak menyelesaikan tugasnya, guru akan terus mengingatkan mereka untuk segera menyelesaikannya.

Namun, hal ini berbeda di perkuliahan. Dosen hanya akan menyampaikan materi, menetapkan batas waktu tugas sesuai jadwal, dan jika mahasiswa tidak mengerjakan tugas tersebut, dosen tidak akan mengejar-ngejar mereka.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Forum Tanah Air Dukung Said Didu Bongkar Ketidakadilan Proyek PSN PIK-2

Hal ini juga disampaikan oleh Anggi Widia, salah satu alumni kampus UMY. Ia menyatakan bahwa kuliah memang tak hanya sekadar masuk ke proses belajar yang lebih tinggi. Di sini, seseorang akan melewati fase-fase pembentukan diri yang menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Pada fase setahun pertama, semester 1 dan 2, mahasiswa akan berusaha melakukan penyesuaian terhadap lingkungan barunya, seperti melihat-lihat kegiatan yang ada di kampus, mencari relasi dan koneksi dengan banyak mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah. Tak hanya itu, di fase ini mereka juga perlu beradaptasi dengan sistem pembelajaran di kampus yang lebih mandiri.

Baca Juga: Coblos Semua Calon di Pilkadal Pilkadol Kerajaan Konoha

Pada fase semester 3 dan 4, mahasiswa biasanya sudah beradaptasi dan nyaman dengan sistem pembelajaran yang ada. Mereka mulai terbiasa dengan cara belajar yang mandiri dan memahami lebih baik bagaimana mengelola waktu dan tugas. Di fase ini juga, mereka mulai menemukan teman-teman atau sahabat yang sefrekuensi dengannya.

Di fase menuju semester akhir, seperti semester 5, 6, dan seterusnya, fase-fase ini sering disebut fase “pusing-pusingnya,” karena mulai menghadapi berbagai tantangan yang bisa sangat menekan seperti KKN, tugas-tugas praktik atau penelitian yang banyak, dibarengi dengan pengajuan judul skripsi, penelitian terkait judul skripsi, dan lain-lain.

Baca Juga: Membaca Arah Ekonomi Syariah Era Prabowo, Tantangan dan Peluang di Tengah Panggung Global

Namun, Anggi mengatakan, itulah sensasi-sensasi berbeda yang terjadi di dunia perkuliahan yang tidak didapatkan sebelumnya di bangku sekolah. Suatu saat ketika kamu sudah lulus dan bekerja, justru masa-masa itulah yang akan dirindukan, karena tidak semua orang beruntung bisa mendapatkan pengalaman itu. []

Artikel kiriman Dava Putra Anandya
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Related posts