BPKH Gelar Sayembara Logo dan Desain User Interface, Hadiah Puluhan Juta Menanti!

  • Whatsapp
lomba logo BPKH
BPKH Gelar Sayembara Berhadiah Puluhan Juta Rupiah dalam rangka Kembangkan Aplikasi Keuangan Haji. (Istimewa)

BacaJogja – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengundang para desainer kreatif untuk mengikuti Sayembara Logo, Nama, dan Desain User Interface (UI) BPKH Apps, dengan total hadiah mencapai puluhan juta rupiah. Sayembara ini terbuka untuk umum dan menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk terlibat dalam pengembangan aplikasi mobile BPKH yang akan mempermudah proses haji di Indonesia.

Aplikasi BPKH Apps yang sedang dikembangkan ini akan mengintegrasikan berbagai layanan perhajian, seperti sistem BPKH, Bank Penerima Setoran Haji (BPS BPIH), Kementerian Agama RI, dan mitra strategis lainnya dalam satu ekosistem digital.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Pelatihan Bisnis Aspek Produksi Menuju UMKM Teras Malioboro Naik Kelas

Melalui aplikasi ini, calon jemaah haji dapat mendaftar dengan lebih mudah, mendapatkan informasi lengkap terkait perjalanan haji, serta memantau pengelolaan keuangan haji dengan transparan.

“Sayembara ini adalah bagian dari upaya BPKH untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi calon jemaah haji, termasuk mereka yang masih dalam daftar tunggu. Selain itu, aplikasi ini akan menjadi portal digital yang memudahkan pendaftaran dan akses informasi haji,” ungkap Harry Alexander, Anggota Badan Pelaksana BPKH, saat konferensi pers di Universitas Andalas, Padang, Jumat, 6 September 2024.

Baca Juga: Perjuangan Iskhaq Iskandar, dari Kondektur Bus dan Kuli Pasar Menjadi Profesor Universitas Sriwijaya

Harry berharap sayembara ini akan menghasilkan desain-desain inovatif yang dapat meningkatkan kenyamanan pengguna aplikasi BPKH Apps. “Melalui pengembangan aplikasi ini, kami ingin memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah. Dengan aplikasi ini, calon jemaah dapat mendaftar haji dari mana saja secara online,” tambahnya.

Dua Kategori Lomba

Kompetisi ini terbagi menjadi dua kategori:
1. Logo dan Nama Aplikasi BPKH**, lengkap dengan penjelasan filosofi di baliknya.
2. Desain User Interface (UI)**, yang mencakup ikon, ilustrasi haji, jenis huruf, dan palet warna.

Berikut adalah jadwal lengkap sayembara:
1. Pendaftaran dan pengumpulan karya: 6-30 September 2024
2. Seleksi dan administrasi: 1-7 Oktober 2024
3. Pengumuman 10 nominasi dan polling: 12 Oktober 2024
4. Pengumuman pemenang: 20 Oktober 2024.

Baca Juga: Penjelasan Kemenag tentang Azan Magrib dan Misa Paus Fransiskus Disiarkan Bersamaan di Televisi

Proses seleksi dilakukan melalui kolaborasi antara BPKH dan Universitas Andalas. Dari ratusan karya yang masuk, 10 karya terbaik akan dipilih dan diperebutkan melalui polling di media sosial BPKH. Dari 10 nominasi tersebut, 3 karya terbaik akan dinobatkan sebagai pemenang.

Wakil Rektor IV Universitas Andalas, Dr. Henmaidi, mengapresiasi langkah BPKH yang melibatkan perguruan tinggi dalam pengembangan aplikasi digital ini. “Dengan melibatkan kampus, BPKH tidak hanya mendapatkan tenaga profesional, tetapi juga kreativitas dari kalangan muda muslim yang menjadi target kampanye haji sejak dini,” ujar Henmaidi.

Baca Juga: Menelisik Harmoni Alam dan Tradisi di Padukuhan Jaban Saat Menyambut Tim Monev “Aku Hatinya PKK”

Segera kirimkan karya terbaikmu dan jadilah bagian dari inovasi digital dalam layanan haji! Informasi lebih lanjut mengenai sayembara ini dapat diakses melalui situs resmi BPKH di https://bpkh.go.id/sayembara-apps dan https://bpkh.go.id/handbook-app. Jangan lewatkan kesempatan ini! []

Related posts