Jogja Spoor Festival 2024: Event Seru Perpaduan Edukasi dan Wisata Keluarga di Yogyakarta

  • Whatsapp
Jogja Spoor Festival 2024
Jogja Spoor Festival 2024 (Istimewa)

BacaJogja – Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta berkolaborasi dengan Balai Yasa Yogyakarta untuk menghadirkan Jogja Spoor Festival 2024 sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT KAI ke-79. Festival yang akan digelar pada 21-22 September 2024 ini diharapkan mampu menarik 16.000 pengunjung, meningkat dari 14.000 pengunjung tahun lalu. Acara ini dirancang sebagai perpaduan antara edukasi dan rekreasi keluarga, serta menjadi daya tarik baru di kawasan Demangan, Gondokusuman.

Mengusung tema “Gerbong Wisata”, Jogja Spoor Festival menawarkan berbagai aktivitas yang menyerupai gerbong-gerbong kereta api yang saling terhubung. Kegiatan ini akan diisi dengan beragam atraksi yang cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Read More

Umroh liburan

Pengunjung dapat menikmati pengalaman yang unik dan menarik di festival ini, mulai dari permainan anak-anak di Zona Kids, hiburan musik, hingga kuliner khas Yogyakarta seperti Es Doger dan Batagor.

Baca Juga: Siomay Mandala: Kuliner Malam Favorit Anak Muda Yogyakarta

“Jogja Spoor Festival 2024 ini diharapkan bisa mengangkat potensi wisata di kawasan Demangan dan sekitarnya, serta menjadi alternatif atraksi wisata di Kota Yogyakarta,” ujar perwakilan dari Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam siaran pers, Jumat, 20 September 2024.

Atraksi Wisata Edukatif di Balai Yasa

Selain hiburan dan kuliner, Balai Yasa Yogyakarta juga menghadirkan serangkaian kegiatan menarik bagi wisatawan. Pengunjung dapat mencoba naik kereta KRD, mengikuti workshop, serta menikmati layanan rail clinic.

Kegiatan ini memberi kesempatan bagi pengunjung untuk mengenal lebih dalam tentang sejarah dan perkembangan kereta api di Yogyakarta, yang menjadi salah satu daerah pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas kereta api.

Baca Juga: Ayo Hadir! Kandidat Pilkada Kota Jogja: Afnan, Heroe, dan Hasto Beberkan Ide dan Visi di Masjid Jogokariyan

“Yogyakarta dan kereta api memiliki sejarah yang panjang. Harapan kami, Jogja Spoor Festival ini dapat memberikan pengalaman berkesan bagi para wisatawan,” kata Executive Vice President UPT Balai Yasa Jogjakarta Eko Windu Widio Purnomo.

Rekayasa Lalu Lintas dan Fasilitas Pengunjung

Untuk mengakomodasi tingginya antusiasme pengunjung, rekayasa lalu lintas akan diterapkan di sekitar area festival. Jalan Kusbini akan ditutup baik dari arah Barat maupun Timur, sementara Jalan Langensari akan tetap dapat dilalui.

Baca Juga: Bantul Sukses Angkat 10 Ribu Warga dari Jurang Kemiskinan dalam 3,5 Tahun

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta juga telah menyiapkan kantong parkir motor di Jalan Kusbini sisi timur dan barat, serta parkir mobil di sisi timur mengarah ke Kemantren Gondokusuman.

Dengan acara yang memadukan unsur edukasi dan hiburan ini, Jogja Spoor Festival 2024 diharapkan dapat memperkuat citra Yogyakarta sebagai destinasi wisata prioritas di Indonesia, sekaligus memberikan pengalaman wisata yang lebih kaya dan berkesan bagi pengunjung. []

Related posts