WJNC 2024: Rekayasa Lalu Lintas di Yogyakarta, Simak Rute yang Ditutup

  • Whatsapp
rekayasa lalu lintas
Penyiapan perangkat water barier untuk penutupan jalan menuju gelaran WJNC #9. (Pemkot Jogja)

BacaJogja – Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta telah menyiapkan manajemen dan rekayasa lalu lintas dalam rangka menyambut Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #9 yang akan digelar pada Senin, 7 Oktober 2024, di kawasan Tugu Pal Putih. Berbagai persiapan telah dimulai sejak Jumat (4/10/2024) guna memastikan kelancaran lalu lintas saat acara berlangsung.

Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Hary Purwanto, menjelaskan bahwa lebih dari 70 penghalang jalan telah ditempatkan di beberapa titik strategis untuk pengaturan lalu lintas.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: SSB Bangunharjo Championship 2024: Menggali Talenta Muda Sepak Bola di Yogyakarta

“Kami sudah menempatkan sekitar 74 water barrier di 12 titik untuk pengkondisian, sehingga pada hari pelaksanaan, jalan dapat ditutup dengan lancar,” ujar Hary melalui sambungan telepon dikutip dari laman Pemkot Jogja, pada Jumat(4/10).

Penutupan jalan akan dimulai pada pukul 14.00 WIB, Senin (7/10), namun dapat disesuaikan dengan kondisi lalu lintas. “Kami akan menyesuaikan dengan situasi, jika area sudah harus steril, maka jalan segera ditutup. Namun, jika masih memungkinkan, lalu lintas akan dialirkan sebagian,” tambah Hary.

Baca Juga: Keseruan di Jogja Second Fest Vol. 9: Weekend Seru Penuh Thrift, Musik, dan Kreativitas!

Sebagai bentuk antisipasi, spanduk pemberitahuan telah dipasang di beberapa simpang jalan, seperti di Simpang Galeria, untuk mengarahkan pengguna jalan agar memilih rute alternatif.

Hary juga menjelaskan bahwa meski pengaturan lalu lintas tahun ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, ada perubahan signifikan pada beberapa ruas jalan yang akan ditutup sepenuhnya, termasuk Jalan Sabirin dan Jalan Diponegoro, yang kini menjadi bagian dari rute karnaval.

Baca Juga: Mengenal Klub Mencari Bunga: Komunitas Unik Pecinta Flora di Yogyakarta

Masyarakat diimbau untuk memahami rekayasa lalu lintas yang diterapkan selama acara. “Dengan banyaknya penutupan jalan, kami berharap masyarakat yang tidak memiliki kepentingan di area Tugu Pal Putih dapat mengambil jalur alternatif untuk menghindari kemacetan,” tuturnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai daftar jalan yang ditutup dan lokasi kantong parkir selama WJNC #9, silakan simak grafis di bawah ini:

rekaysa lalu lintas WJNC 2024
Rekaysa lalu lintas WJNC 2024 (Istimewa)

Related posts