Menteri Kesehatan Kagum Vaksinasi Drive Thru UGM Yogyakarta Tertib dan Merakyat

  • Whatsapp
vaksinasi drive thru UGM
Pelaksanaan vaksinasi drive thru di UGM Yogyakarta. (Foto: UGM Yogyakarta)

Yogyakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang menggelar vaksinasi bagi 2.000 mahasiswa dan keluarga pegawai UGM. Dia juga kagum dengan vaksinasi drive thru yang berlangsung lancar dan tidak terjadi kerumunan yang berarti.

Menkes mengatakan, UGM yang sudah menggelar vaksinasi dengan ribuan peserta ini sangat membantu ketercapaian cakupan vaksin nasional. “Keterlibatan perguruan tinggi sangat diperlukan dalam mendukung keberhasilan program vaksinasi di tanah air,” katanya saat mengunjungi vaksinasi di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM, Sabtu, 31 Juli 2021.

Read More

Umroh liburan

Menurut dia, jalanya vaksinasi yang dilakukan secara drive thru berlangsung lancar. “Vaksinasi drive thru memang sudah banyak dilakukan. Yang di UGM ini berjalan rapi, tidak banyak kerumunan dan sangat merakyat,” katanya.

Baca Juga: Suasana Vaksinasi Asyik di Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul

Pelaksanaan vaksinasi drive thru ini peserta datang dengan moda transportasi yang beragam. Selain menggunakaan kendaraan bermotor seperti motor dan mobil, terlihat pula peserta yang datang ke lokasi vaksin dengan naik sepeda kayuh maupun jalan kaki.

Vaksinasi drive thru selain untuk mempercepat proses vaksinasi, juga meminimalisir penularan Covid-19 dengan dilaksanakan di ruang terbuka. Metode vaksinasi ini juga sudah dilaksanakan FKKMK UGM sepanjang Juli 2021.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UGM Bambang Agus Kironoto mengatakan, program vaksinasi Covid-19 bagi mahasiswa dan keluarga pegawai UGM ini merupakan bentuk nyata komitmen UGM mendukung percepatan vaksin di Tanah Air. Harapannya dapat meningkatkan cakupan vaksinasi sehingga segera terbentuk kekebalan kelompok.

Baca Juga: Pentingnya Sinergi Nutrisi dalam Menjaga Imunitas Tubuh Pasca Vaksinasi

Pada program vaksinasi kali, ini diselenggarakan atas kerja sama UGM dengan TNI POLRI selama dua hari 31 Juli dan 1 Agustus 2021. “Dari kerja sama dengan TNI POLRI ini UGM mendapatkan jatah sebanyak 3.000 dosis vaksin. Sebanyak 2.000 dosis pada 31 Juli dan 1 Agustus 2021 dan 1.000 dosis sisanya akan diberikan minggu depan,” ungkapnya.

Menurut dia, vaksinasi bagi mahasiswa dan keluarga pegawai ini telah dilaksanakan secara bertahap. Sebelumnya, 500 mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM telah menerima vaksin dosis pertama pada 23 Juli 2021. Lalu, pada tanggal 24-25 Juli 2021 di GSP UGM juga telah dilaksanakan vaksinasi bagi mahasiswa dan keluarga pegawai UGM. Dalam vaksinasi massal yang digelar atas kerja sama UGM dan OJK ini diikuti sebanyak 2.000 peserta.

Baca Juga: BIN Gelar Vaksinasi untuk Pelajar SMP-SMA demi Selamatkan Penerus Bangsa

Bambang mengatakan, terkait vaksin bagi mahasiswa, diprioritaskan bagi yang berada di area Yogyakarta dan harus mengikuti kegiatan di kampus seperti praktikum di laboratorium, PPSMB, dan lainnya. “UGM akan terus mengupayakan vaksin bagi seluruh sivitasnya. Vaksinasi bagi pegawai baik dosen mapun tendik telah dilaksanakan beberapa bulan lalu. “Ke depan diupayakan vaksinasi bagi mahasiswa dan keluarga pegawai secara bertahap hingga semua tervaksin,” urainya.

Program vaksinasi merupakan kerja sama antara FKKMK UGM, RSA UGM, serta RSUP Dr. Sardjito yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan keluarga pegawai UGM serta kedepan akan dikembangkan bagi masyarakat secara umum. (Source: UGM Yogyakarta)

Related posts