Dua Agenda Anies Baswedan di Yogyakarta, Kampanye Akbar dan Desak Anies

  • Whatsapp
anies di jogja
Flyer Apel Akbar Rakyat dan Desa Anies di Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Kampanye terbuka dengan pengerahan massa resmi dimulai. Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menghadiri rapat umum Apel Akbat Rakyat di Lapangan Jambidan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta pada Selasa, 23 Januari 2024.

Kampanye akbar berlagsung pukul 08.00-12.00 WIB. Apel Akbar Rakyat dimeriahkan dengan Senam Massal relawan AMIN, Orkestra Kentungan, Konser Musik Perubahan, dan Parade Hadroh dari santri Pondok Pesantren Al-Mahalli Brajan Wonokromo Pleret.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Anies Baswedan dan Fery Farhati Hadiri Dhaup Ageng Pakualaman Yogyakarta

Usai kampanye akbar, capres Koalisi Perubahan ini menghadiri acara Desak Anies. Rencanan digelar di Museum Diponegoro Jalan HOS Cokroaminoto TR-III/430, Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Desak Anies dimulai pukul 12.30 WIB dengan tema edisi pendidikan.

Ketua Sekretariat Bersama (Sekber) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Bantul Arif Iskandar mengatakan, rencana awal rapat umum Apel Akbar Rakyat digelar di Lapangan Trirenggo Bantul. Namun kemudian lokasi pindah ke Lapangan Jambidan.

Baca Juga: Dari Dhaup Ageng, Anies Baswedan Mampir Kauman, Kampung Anies Pakualaman Yogyakarta

Berdasarkan keputusan KPU setempat, ada beberapa lapangan yang diizinkan untuk kegiatan kampanye akbar. Lapangan Trirenggo yang berada di depan Rumah Dinas Bupati tidak diperkenankan untuk rapat umum dengan pengerahan massa besar.

Total ada 11 lapangan di Bantul yang bisa digunakan untuk rapat akbar; yakni Lapangan Gandekan, Jambidan, Dlingo, Sembungan, Trirtomulyo, Caturharjo, Srimulyo, Parkir Museum, Bakal Dukuh, Pendoroharjo, dan Poncosari.

Baca Juga: Mak-mak Diduga Pendukung Prabowo Teriaki Anies Baswedan dengan Kalimat Tak Pantas di Acara Debat

“Dari opsi lokasi tersebut, Tim Penemangan Daerah (TPD) AMIN memutuskan memakai Lapangan Jambidan sebagai lokasi kampanye akbar capres 01 Anies Baswedan,” kata Arif, Senin, 22 Januari 2024.

Mantan Ketua KPU Bantu ini mengungkapkan, tagline yang diusung dalam Apel Akbar Rakyat yakni AMIN-kan Bantul, AMIN-kan Yogyakarta, AMIN-kan Indonesia. Saatnya Perubahan. “Estimasi massa yang hadir sekitar 25.000 orang. “Massa berasal konstituen partai koalisi, 30-an simpul relawan AMIN, kalangan petani, peternak, nelayan, pokdarwis, santi serta kiai kampung, dan masyarakat umum,” ungkapnya.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Kampanye Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Januari 2024

Apel Akbar Rakyat dimeriahkan dengan Senam Massla relawan AMIN, Orkestra Kentungan, Konser Musik Perubahan, dan Parade Hadroh. “Penampilan hadroh dari santri Pondok Pesantren Al-Mahalli Brajan Wonokromo Pleret,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kampanya akbar di Bantul yang datang hanya capres Anies Baswedan. “Yang datang hanya Pak Anies karena Gus Imin kampanye di tempat lain. Keduanya berbagi daerah biar jangkauannnya lebih maksimal,” ujarnya. []

Related posts