Anies Baswedan dan Fery Farhati Hadiri Dhaup Ageng Pakualaman Yogyakarta

  • Whatsapp
anies fery dhaup ageng
Anies Baswedan dan istri Fery Farhati saat menghadiri Dhaup Ageng putra Adipati Pakualaman/Wakil Gubernur DIY Paku Alam X, BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti di Puro Pakulaman pada Rabu, 10 Januari 2024. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Anies Baswedan bersama istri Fery Farhati menghadiri acara resepsi Dhaup Ageng, pernikahan putra bungsu Adipati Pakualaman sekaligus Wakil Gubernur DIY Paku Alam X, BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti di Puro Pakulaman pada Rabu, 10 Januari 2024.

Capres nomor urut 1 ini mengaku bersyukur bisa menghadiri prosesi Dhaup Ageng. Anies dan Fery mengucapkan selamat kepada kedua mempelai. “Selamat untuk Mas Bismo (BPH Kusumo Kuntonugroho) dan Mbak Laily,” kata Anies kepada awak media, Rabu, 10 Januari 2024.

Read More

Baca Juga: Tari Tayub sebagai Tradisi Pernikahan di Tuban Jawa Timur

Capres Koalisi Perubahan ini mengungkapkan, Dhaup Ageng ini sebuah pernikahan agung yang mencerminkan tingginya nilai budaya Jawa. “Ini mencerminkan nilai budaya Jawa yang ada di dalam seluruh rangkaian prosesi pernikahan dan resepsi tadi,” ujarnya.

Anies sangat merasakan luhurnya adab budaya Jawa dalam seluruh rangkaian acara Dhaup Ageng yang dihadiri raja-raja se Nusantara ini. Bagi Anies, dhaup ageng ini merupakan tradisi yang harus dijaga dan dikembangkan.

anies dhaup ageng
Anies Baswedan dan istri Fery Farhati saat menghadiri Dhaup Ageng putra Adipati Pakualaman/Wakil Gubernur DIY Paku Alam X, BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti di Puro Pakulaman pada Rabu, 10 Januari 2024. (Foto: Istimewa)

“Karena itu tadi kami sampaikan kepada bapak Paku Alam X dan keluarga serta kedua mempelaiai, sebuah kehormatan bagi kami sekeluarga bisa hadir menyaksikan dan menmberikan doa restu secara langsung,” jelasnya.

Anies turut mendoakan keluarga besar Puro Pakualaman Yogyakarta senantiasa bahagia dan selalu bisa menjaga tradisi luhur budaya Jawa. “Semoga keluarga bukan saja menjadi keluraga yang bahagia dan mendapatkan keberkahan Allah SWT, tapi juga sebagai keluarga yang akan terus menjaga dan mengembangkan tradiri luhur yang hari ini kita sama-sama rasakan dan saksikan,” paparnya.

Baca Juga: Pernikahan Lebih Intim Penuh Kehangatan di Artotel Yogyakarta

Gubrenur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini menilai Dhaup Ageng bukan saja sebagai peristiwa kedua mempelai, namun juga peristiwa kebudayaan yang luhur. “Ini bukan saja peristiwa dua pribadi, Mas Bismo dan Mbak Laeli, tapi juga merupakan peristiwwa kebuduyaan yang sarat nilai-nilai luhur,” katan Anies.

Sementara itu, pada acara Dhaup Ageng ini, resepsi digelar selama dua hari. Rombongan tamu kerajaan hadir sekitar pukul 11.30 WIB. Penyambutan raja nusantara diawali dengan pertunjukan silat sebelum masuk ke Puro Pakualaman.

Baca Juga: Jokowi Ngunduh Mantu, Kirab Pernikahan Kaesang-Erina untuk Merawat Budaya

Sebelumnya, kedua mempelai melangsungkan ijab kabul di Masjid Besar Pakualaman pada Rabu, 10 Januari 2024 pagi. Pada siang harinya, resepsi hari pertama digelar dengan mengundang 1.500 orang. Besok Kamis, 11 Januari 2024, pada resepsi hari kedua akan kembali digelar dengan mengundang 4.000 orang. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *