Tari Tayub sebagai Tradisi Pernikahan di Tuban Jawa Timur

  • Whatsapp
Tari Tayub
Tari Tayub,. (Foto: Istimewa)

Oleh : Adelia Hisyana Zahra *)

Seni merupakan salah satu hasil karya manusia yang mempunyai nilai kreativitas tinggi dan sering mengalami perubahan seiring berkembangnya zaman.

Read More

Salah satunya adalah seni tari yang dalam beberapa kegiatan sering menjadi bagian di dalamnya, baik itu dalam upacara-upacara adat tertentu maupun pagelaran seni yang sifatnya menghibur. Seni tari sebagai ekspresi manusia yang bersifat estetis, kehadirannya tidak bersifat independen atau berdiri sendiri.

Dilihat secara tekstual, tari dapat dipahami dari bentuk dan teknik yang berkaitan dengan komposisinya (analisis bentuk atau penataan koreografi) atau teknik penarinya (analisis cara melakukan atau keterampilan) seperti kesenian Tari Tayub merupakan salah satu kesenian Jawa yang mengandung unsur keindahan dan keserasian gerakan.

Baca Juga: Yohanes Rangga, Remaja Pelestari Kesenian Tradisional Jawa Asal Kulon Progo

Pengertian Tayub ialah tarian yang dilakukan oleh para laki-laki dan Perempuan dengan iringan gamelan dan tembang, yang biasanya untuk meramaikan pesta perkawinan atau perayaan lainnya. (Anton M. Moeliono, 1989:909).

Menurut Mardi Warsito, Tayub merupakan pertunjukan yang menggunakan tarian dan minuman keras (1978:355). Tari Tayub dipercaya sebagai perantara masyarakat dengan roh leluhur yang berhubungan dengan isi budaya. Kaitannya dengan tari Tayub sebagai penghormatan kepada roh leluhur yaitu Ki Ageng Tunggul Wulung.

Perantara ini merupakan bentuk komunikasi antara manusia dengan leluhurnya. Oleh karena itu, dari masa ke masa tari tayub selalu dijadikan sebagai tari tradisi yang sudah ada pada zaman-zaman terdahulu sampai saat ini, dan seringkali dibawakan pada sebuah hajatan seperti acara pernikahan.

Baca Juga: Kebangkitan Generasi Milenial dalam Pelestarian Seni Budaya Wayang

Tari Tayub merupakan bagian dari upacara yang dipercaya akan mendatangkan angsar yang baik. bagi keluarga yang mempunyai hajat. Tari tayub sudah menjadi hal yang wajib dilakukan ketika acara pernikahan telah terlaksana, tari tayub tidak hanya menjadi adat istiadat masyarakat Madura.

Namun, Jawa Timur khususnya kabupaten Tuban, juga seringkali masih menerapkan adat istiadat tersebut. Pelaksanaan tari tayub ini melibatkan pengantin dan para tamu undangan yang hadir pada acara itu.

Rangkaian Sebelum Tari Tayub

Rangkaian acara yang harus dilakukan sebelum tari tayub dimulai :

1. Pembukaan
Pembukaan merupakan rangkaian pertama dalam pentas tari tayub, yang mana dilakukan oleh pengarih. Pembukaan di sini meliputi salam pembuka, ucapan selamat datang kepada para tokoh masyarakat dan tamu undangan. Selain itu, pengarihjuga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dari semua pihak yang telah hadir pada pentas tari tayub.

2. Tari gambyong
Maksud dari tari gambyong adalah untuk menyambut para tamu yang sudah hadir dalam pentas tari tayub atau sebagai tari penyambutan. Tari gambyong ini hanya dilakukan pada malam hari saja, karena acara malam merupakan acara inti yang mana ada penyampaian maksud diadakannya pentas tari tayub.

Baca Juga: 10 Anak Pelestari Seni dan Budaya Dapat Penghargaan dari Sri Sultan HB X

3. Penyampaian maksud
Penyampaian maksud di sini dilakukan oleh pengarih. Misalnya jika dalam acara pernikahan, khitanan. sedekah bumi dan sebagainya, maka pengarih harus menyampaikan maksud tuan rumah tersebut dengan jelas dan benar. Kemudian setelah penyampaian maksud diadakannya pentas tari tayub, pengarih akan memperkenalkan semua pihak atau unsur-unsur yang ada dalam pentas tari tayub.

4. Acara inti (pentas tari tayub)
Acara inti dimulai dengan duduknya tuan rumah di tengahtengah ledhek sambil mendengarkan gendhing yang dinyanyikan atau dilantunkan oleh ledhek.

Dampak Tari Tayub

Pernik lainnya yang dapat membantu menambah penghasilan para pedagang tersebut. Dari segi sosial penyimpangan yang terjadi dalam pentas tari tayub membuat masyarakat resah karena ada mabuk-mabukan dan konflik membuat masyarakat tidak nyaman.

Dampak tari tayub bagi masyarakat jika dilihat dari segi budaya, pentas tari tayub membuat masyarakat tahu bahwa tari tayub merupakan salah satu kebudayaan yang diunggulkan di Kabupaten Tuban. Sehingga masyarakat mempunyai pemikiran dan usaha agar lebih menghargai dan menghormati tari tayub.

Baca Juga: Pelaku Seni dan Budaya Bantul Deklarasi Dukung Gus Imin Presiden 2024

Walaupun pada kenyataannya setiap pentas tari tayub pasti ada perilaku menyimpang seperti minum minuman keras dan konflik. Fenomena tari tayub di kabupaten Tuban maka dapat diambil. Jadi, tari tayub merupakan salah satu kesenian tradisional yang diunggulkan oleh
Pemerintah Kabupaten Tuban.

Tari tayub dalam pelaksanaannya harus melalui beberapa rangkaian yaitu: pembukaan, tari gambyong, penyampaian maksud diadakannya pentas tari tayub, lalu acara inti pentas tari tayub. []

Sumber :
– Pertunjukan Tayub sebagai Sarana Ritual Pernikahan (Jurnal ISI SKA)
– Resepsi Masyarakat terhadap Tari Tayub dalam Upacara Ritual Bersih (E-Print UNY)

*) Mahasiswa musikologi di ISI Yogyakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *