Kebangkitan Generasi Milenial dalam Pelestarian Seni Budaya Wayang

  • Whatsapp
festival wayang
Pedalang dalam membawakan cerita (Foto: Tangkapan layar live streaming YouYube tasteofjogja Disbud DIY)

Yogyakarta – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta terus melakukan upaya pelestarian nilai-nilai budaya daerah meski masih dalam masa pandemi Covid-19. Salah satunya bekerja sama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) dengan menggelar festival dalang untuk anak dan remaja.

Festival dalang yang digelar pada 4-6 Oktober 2021 ini didanai oleh Dana Keistimewaan Yogyakarta. Festival ini mengusung tema Kebangkitan Generasi Milenial dalam Pelestarian Seni Budaya Wayang.

Read More

Baca Juga: Merawat Cagar Budaya Yogyakarta dengan Festival Kebudayaan Kotagede

Kegiatan ini rutin dilakukan oleh Kebudayaan DIY dan Pepadi dengan maksud dan tujuan untuk mengenalkan serta meningkatkan kecintaan generasi milenial terhadap budaya warisan leluhur. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini yang diadakan secara rutin dapat meningkatkan minat dan nilai-nilai budaya serta dapat memberikan peluang bagi generasi milenial dalam mengembangkan bakat dan keterampilan dengan berdalang.

Dari kegiatan pedalangan wayang ini juga diharapkan bagi para generasi milenial semoga bisa menjadikan kegiatan ini sebagai inspirasi yang positif untuk membangun jiwa anak dan remaja dengan persepsi bahwa generasi milenial adalah generasi penerus kebudayaan yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Jamasan Tombak Kyai Wijoyo Mukti Pemerintah Kota Yogyakarta

Melihat dari kondisi yang semakin maju dan berkembang ini, banyak generasi yang juga mulai acuh atau melupakan kebudayaan sendiri. Kebudayaan yang ada di daerah mengalami penurunan minat dalam hal pelestarian kebudayaan.

Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan hal yang positif dalam membangkitkan kecintaan generasi milenial terhadap kebudayaan yang ada di Indonesia.

Mengingat masih pandemi, kegiatan kali ini hanya dihadiri oleh para tamu undangan serta juri dan para kontestan pemain wayang golek tersebut. Pelaksanaannya pun belum diberlakukan untuk ditonton secara langsung karena berpotensi menimbulkan kerumunan. Namun warga tetap bisa menyaksikannya melalui live streaming di YouTube Tasteofjogja Disbud DIY. []

Artikel kiriman Sianggun Nadila, Mahasiswa Prodi Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *