Prospek Cuaca DIY: Cerah Berawan hingga Hujan Ringan Selama Tiga Hari ke Depan

  • Whatsapp
jogja hujan
Ilustrasi hujan di Yogyakarta (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – Berdasarkan analisis terkini dari BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta, prakiraan cuaca untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama tiga hari ke depan, mulai dari 12 hingga 14 September 2024, menunjukkan kondisi yang relatif stabil.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono, menjelaskan, pola angin di atas wilayah DIY didominasi oleh angin timuran dengan kecepatan antara 10 hingga 30 km/jam. Suhu Muka Laut (SML) di Laut Jawa terpantau cukup dingin, berkisar antara 21°C hingga 25°C, dengan anomali suhu yang menunjukkan nilai negatif.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: HastaRupa Art Exhibition, Kolaborasi Unik Seniman dan Hotel Grand Rohan Jogja yang Diprakarsai Dini Art Manajemen

“Kondisi ini menyebabkan potensi penguapan yang rendah, sehingga pertumbuhan awan hujan tidak signifikan,” katanya dalam siaran pers.

Berikut prakiraan cuaca tiga harian di DIY:
– 12 September 2024: Potensi hujan ringan di wilayah Sleman bagian utara.
– 13 September 2024: Cuaca cerah berawan di seluruh wilayah DIY.
– 14 September 2024: Cuaca cerah berawan kembali mendominasi.

Baca Juga: Obelix Village, Destinasi Wisata dengan Nuansa Pedesaan yang Memikat di Yogyakarta

Analisis kelembapan udara pada berbagai ketinggian juga mendukung kondisi ini, di mana kelembapan pada ketinggian 850 mb tercatat cukup basah (50-90%), namun semakin tinggi kelembapan semakin menurun, dengan kelembapan di ketinggian 500 mb hanya mencapai 20-50%, yang berarti potensi pertumbuhan awan hujan tetap rendah.

Warjono juga mengingatkan pentingnya koordinasi dengan pihak terkait kebencanaan seperti BPBD dan FPRB untuk langkah antisipasi cuaca yang lebih akurat dan tepat. Tetap waspada dan pantau terus informasi terbaru dari BMKG. []

Related posts