Penajam Paser Utara Pelajari Smart City di Yogyakarta: Replikasi Jogja Smart Service untuk Kemajuan Daerah

  • Whatsapp
penajem paser utara ke jogja
Bupati Penajem Paser Utara kunjungan ke Pmekot Yogyakarta. (Foto: Pemkot Jogja)

BacaJogja – Pemkot Yogyakarta menerima kunjungan dari Penjabat Bupati Penajam Paser Utara, Zainal Arifin, beserta rombongan pada Rabu, 2 Oktober 2024. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk mempelajari implementasi smart government yang telah diterapkan oleh Pemkot Yogyakarta melalui aplikasi unggulan Jogja Smart Service (JSS).

“Izinkan kami untuk mereplikasi aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dan mempelajari bagaimana aplikasi ini dioperasikan di Kota Yogyakarta. Kami berharap banyak hal yang bisa diterapkan di Kabupaten Penajam Paser Utara untuk meningkatkan pelayanan publik,” ungkap Zainal Arifin di ruang Yudistira, Balai Kota Yogyakarta dikutip dari laman Pmekot Jogja.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Prakiraan Cuaca DIY 3-5 Oktober: Hujan di Beberapa Wilayah, Ini Imbauan BMKG

Ia menjelaskan bahwa Kota Yogyakarta dipilih karena tidak semua pemerintah daerah telah berhasil menerapkan aplikasi digital yang terintegrasi seperti JSS untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Banyak pemerintah daerah yang belum mampu menghadirkan aplikasi seperti ini, tapi Pemkot Yogyakarta bisa melakukannya. Ini sangat luar biasa,” ujar Zainal, mengapresiasi inovasi tersebut.

Rombongan dari Penajam Paser Utara ini diterima langsung oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto. Sugeng menjelaskan bahwa Pemkot Yogyakarta terus berupaya meningkatkan kualitas layanan publik, salah satunya dengan inovasi yang diwujudkan melalui JSS.

Baca Juga: Kemenag dan BPN DIY Kolaborasi Akselerasi Sertifikasi Tanah Wakaf untuk Perlindungan Aset Umat

“Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2018 dan hingga saat ini sudah mencapai versi 6.0, dengan penambahan fitur-fitur baru yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Sugeng. Ia berharap konsep JSS bisa diadopsi untuk mendukung kemajuan pelayanan di Penajam Paser Utara.

JSS sebagai Wadah Layanan Terpadu

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, Trihastono, menambahkan bahwa JSS merupakan aplikasi berbasis Single ID, Single Window dan Single Sign On.

“Aplikasi JSS menjadi wadah dari seluruh layanan di Pemkot Yogyakarta, memungkinkan pengguna untuk masuk ke berbagai layanan hanya dengan satu kali login sesuai dengan kewenangan masing-masing,” jelas Trihastono.

Baca Juga: Gunung Telomoyo: Surga Sunrise dengan Pemandangan Enam Gunung dan Lautan Awan

Saat ini, JSS telah menyediakan 232 layanan, terdiri dari 68 layanan pemerintahan dan 164 layanan publik. Ke depannya, Pemkot Yogyakarta akan terus memperluas layanan digital melalui SuperApp JSS dengan berkolaborasi bersama berbagai pihak.

“Tujuan utama kami adalah mempermudah akses layanan digital bagi masyarakat, baik melalui web maupun aplikasi mobile, karena JSS bisa diakses di kedua platform tersebut,” pungkas Trihastono. []

Related posts