Mengupas Kehebatan Mobil Listrik Garuda EV-22 Karya UNY Juara Umum IIMS

  • Whatsapp
Mobil Listrik Garuda EV-22
Mobil Listrik Garuda EV-22 karya UNY. (Foto: Dok. UNY)

BacaJogja – Mobil listrik Garuda EV-22 karya Universitas Negeri Yogyaarta (UNY) menjadi juara umum pada Kejuaraan Formula Electric Student Championship (FESC) Indonesia International Motor Show (IIMS), Rabu-Minggu, 30 Maret hingga 10 April 2022 di Jakarta. Selain itu, mobil listrik ini juga Juara 1 Kategori Skidpad dan Juara 1 Kategori Endurance.

Endurance yang menjadi raihan juara UNY didapat dari penggunaan baterai berkapasitas 72V/64Ah yang dapat dipakai menempuh jarak 50 kilometer (Km) dengan speed maksimal 80 Km per jam. Casing pada Battery Pack ini dirancang agar baterai litium didalamnya antar satu sama lain memiliki jarak untuk menjaga suhu baterai tidak mengalami overheat.

Read More

Baca Juga: Penampakan Mobil Hemat Energi Karya UNY yang Memecahkan Rekor Asia Pasifik

Untuk menjaga suhu Battery Pack setiap sel baterai dilapisi plat alumunium untuk mempercepat perpindahan panas yang dihasilkan baterai tersebut.

Driver tim Garuda Sultantyo Djatinegoro menjelaskan, tantangan dalam kompetisi ini adalah kegesitan driver dan harus meiliki daya tahan tubuh kuat karena harus menyelesaikan 60 lap uji endurance dan efisiensi. Salah satu kunci keunggulan mobil UNY adalah kemampuan drivability kendaraan yang prima dengan chassis yang sempurna, dengan melalui uji handling dan pengereman kendaraan.

Mobil Listrik Garuda EV-22 UNY
Mobil Listrik Garuda EV-22 karya UNY. (Foto: Dok. UNY)

Advisor Tim Garuda EV-22 Dr. Zaenal Arifin mengatakan, Garuda EV-22 memiliki dua motor listrik dipasang secara on-wheel di kedua roda belakang. Kedua motor listrik ini dikendalikan controller khususnya ketika kendaraan sedang cornering.

Baca Juga: Jakarta Auto Week 2022 Dorong Penjualan Sektor Industri Otomotif Indonesia

Saat kendaraan sedang melakukan cornering ke kanan maka roda bagian kiri harus berputar lebih cepat dibandingkan roda bagian kanan. Maka controller mengatur motor listrik yang terdapat pada roda belakang bagian kiri untuk berputar lebih cepat dibandingkan motor listrik yang terdapat pada roda belakang bagian kanan.

Pemasangan kedua motor listrik secara on-wheel memiliki keunggulan pada manuver akibat dari controller pengendali motor listrik. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *