Penampakan Mobil Hemat Energi Karya UNY yang Memecahkan Rekor Asia Pasifik

  • Whatsapp
Mobil hemat energi UNY juara
Garuda UNY Eco Team berhasil meraih Juara 1 Kategori Urban Gasoline Engine Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021. (Foto: Dok.UNY)

Yogyakarta – Garuda UNY Eco Team berhasil meraih Juara 1 Kategori Urban Gasoline Engine Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021. Mobil karya Tim UNY ini memiliki kecepatan 498,75 kilometer per liter. Capaian ini memecahkan rekor Asia Pasifik Shell Eco Marathon 392 km per liter dan rekor nasional KMHE 2017 yang dipegang Tim Sapuangin 404 km per liter.

Penghargaan diserahkan pada Jumat, 19 November 2021 malam di Surabaya. KMHE 2021 merupakan sebuah lomba mobil irit tingkat nasional yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia bekerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya sebagai tuan rumah.

Read More

Baca Juga: Polda DIY Punya Robot Canggih Hadapi Situasi Darurat di Perairan Yogyakarta

Ketua Garuda UNY Eco Team Kesit Bayu Purnomo mengatakan, spesifikasi mobil Garuda UNY panjang kendaraan 2,8 meter, lebar kendaraan 1,2 meter, tinggi kendaraan 96 centimeter, berbody carbon fiber dengan rangka aluminium. Perjalanan tim Garuda UNY menempuh KMHE ini berliku di tengah pandemi. Dengan keterbatasan yang ada, tim harus menyelesaikan laporan desain kendaraan dalam waktu satu bulan.

Mobil hemat energi UNY
Garuda UNY Eco Team berhasil meraih Juara 1 Kategori Urban Gasoline Engine Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021. (Foto: Dok.UNY)

Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif ini mengungkapkan, pada Agustus tim Garuda UNY dinyatakan lolos tahap laporan desain untuk selanjutnya mengikuti seleksi video virtual technical inspection. Tim diminta untuk menyelesaikan dan mengumpulkan video virtual technical inspection ke panitia pada September.

“Hasil seleksi virtual inspection sekaligus pengumuman tim yang lolos sebagai finalis lomba KMHE 2021 bersama dengan 24 team dari seluruh Indonesia,” katanya.

Baca Juga: UGM Yogyakarta Borong 14 Medali Kompetisi Nasional MIPA

Anggota tim Aisyatunissai Tawakkal mengatakan setelah mendapatkan undanga lomban, tim kembali menggencarkan latihan driver dan pematangan strategi perlombaan. “Dalam waktu yang tersisa, tim juga melakukan riset pada sistem kemudi, rem, autobody, engine dan powertrain untuk meraih target capaian konsumsi 500km/liter,” ungkapnya.

Meski dengan pembatasan jumlah orang, tim tetap dapat menyusun strategi yang diperlukan untuk menghadapi final lomba kontes mobil hemat energi. Selama latihan terdapat beberapa kendala yang dihadapi tim, salah satunya latihan akibat hujan sehingga waktu latihan tim berkurang.

Mobil hemat energi UNY juara 1
Garuda UNY Eco Team berhasil meraih Juara 1 Kategori Urban Gasoline Engine Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021. (Foto: Dok.UNY)

Untuk mengatasinya, tim advisor dan anggota Garuda UNY Team mempersempit range riset untuk menemukan setingan maksimal. Dengan berbekal capaian di latihan, tim mengirimkan delegasi sebanyak 15 orang yang terdiri dari tim support dan tim inti ke Surabaya.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Yogyakarta Punya Gerobak Listrik untuk Pelaku UMKM

Driver mobil Garuda UNY I Kadek Bagus Suryanata menjelaskan faktor driving strategy menjadi kunci utama meraih target. Dalam persiapan dan latihan sebelum perlombaan on track dimulai, tim telah menyusun strategi mengemudi yang dapat mengefisienkan bahan bakar. “Salah satunya dengan memperhatikan racing line sehingga hambatan-hambatan kendaraan akibat pemilihan racing line yang kurang tepat dapat dikurangi,” katanya.

Dalam lomba ini, Tim Garuda UNY yang berlaga dalam kelas Mesin Pembakaran Dalam Gasoline bersaing dengan tim dari Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Diponegoro. Perlombaan berlangsung di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya. KMHE 2021 ini mengusung tema Satu Nyali Hemat Energi dengan tujuan menyatukan jiwa untuk kembali melestarikan alam.[]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *