BSN Gelar EVSE di JEC Yogakarta, PLN Grup Pamerkan Ekosistem Kendaraan Listrik dan Gebrakan Terbaru ke Publik

  • Whatsapp
Electric Vechile Standard Expo di JEC
PLN Icon turut mendukung dalam acara Vechile Standard Expo (EVSE) di JEC Yoyakarta, 12-14 Juli 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Badan Stadardisasi Nasional (BSN) mendorong pentingnya standarisasi pada setiap kendaraan listrik. Tujuannya agar masyarakat semakin percaya dan merasa aman beralih menggunakan kendaraan listrik.

Atas dasar ini, BSN menggelar event Electric Vehicle Standard Expo (EVSE) di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta pada 12-14 Juli 2023. Dalam event selama tiga hari ini juga menghadirkan ekosistem kendaraan listrik seperti penyedia kendaraan listrik, penyedia jasa system charging, hingga lembaga pengujinya.

Read More

Baca Juga: Mengenal Fitur Mobil Listrik Formula-E Super Sekip EV-3 Evolution Karya UGM

Kepala Biro Humas, Kerjasama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri mengatakan event juga dilengkapi dengan talkshow, seminar, hingga test drive. “Event EVSE digelar sebagai dukungan implementasi Perpres Nomor 5 Tahun 2019,” katanya, Rabu, 12 Juli 2023.

PLN Grup menjadi salah satu yang turut berpartisipasi dalam event ini. PLN Icon Plus sebagai bagian dari gelaran acara ini siap menyongsong perpindahan masyarakat dalam menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) menuju kendaraan listrik. Bahkan, sejumlah terobosan terbaru dipamerkan kepada publik.

Baca Juga: Mengupas Kehebatan Mobil Listrik Garuda EV-22 Karya UNY Juara Umum IIMS

Senior Manager Perencanaan, Pelayanan, Standarisasi, dan Mutu PLN Pusertif, Hendra Noviar menegaskan jika Standar Nasional Indonesia (SNI) sangat ditekankan dalam semua produknya. SNI ini dilakukan untuk menjamin keselamatan pengguna dalam menggunakan kendaraan listrik.

Dia mengatakan, penerapan SNI wajib dilakukan untuk setiap program dan produk PLN, termasuk PLN Icon Plus sebagai sub-holding beyond Kwh PT PLN (Persero). Bahkan PLN Icon Plus sudah menerapkan standar yang berlaku, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. “Masyarakat tidak perlu khawatir PLN Icon Plus sudah menggunakan standar yang berlaku, dan dijamin aman,” ujar Hendra.

Electric Vechile Standard Expo
PLN Icon turut mendukung dalam acara Vechile Standard Expo (EVSE) di JEC Yoyakarta, 12-14 Juli 2023. (Foto: Istimewa)

General Manajer SBU Regional Jawa Bagian Tengah PLN Icon Plus, Wahyu Setyabudi mengaku terus berupaya mendukung ekosistem EV yang bermutu dan sesuai standarisasi. Tujuannya agar kepercayaan masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik semakin meningkat.

PLN Icon Plus menghadirkan layanan manage service ataupun pembelian kendaraan EV, baik motor maupun mobil, dengan dukungan SPKLU maupun SPBKLU melalui konsep kerjasama.

Baca Juga: Jakarta Auto Week 2022 Dorong Penjualan Sektor Industri Otomotif Indonesia

PLN Icon Plus bersama PLN UID Jateng-DIY dalam mengimplemetasikan upaya tersebut, turut mengganti kendaraan operasional yang sebelumnya menggunakan kendaraan bahan bakar minyak (BBM) menjadi kendaraan motor listrik kepada tim pelayanan teknis pelanggan di Jateng DIY. “Gebrakan baru yang dilakukan itu dalam memberikan contoh kepada masyarakat, bahwa kendaraan listrik ini aman digunakan,” tegasnya.

Selain itu, PLN Icon Plus juga mendukung energi ramah lingkungan lainnya, dengan menghadirkan produk layanan PV Rooftop (panel surya) system ongrid PLN dalam bentuk kerjasama rent to own. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *