1.001 Layang-layang Siap Terbang di JIKF 2023 Parangkusumo Bantul Yogyakarta

  • Whatsapp
festival layangan parangkusumo jogja
Event Fstival layang-layang di Pantai Parangkusumo Bantul Yogyakarta pada 2015. (Foto: Facebook)

BacaJogja – Event yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat hadir di kawasan Pantai Parangkusumo Bantul. Di destinasi wisata pantai selatan Yogyakarta ini digelar event Jogja International Kite Festival (JIKF) VIII pada 15-16 Juli 2023.

Karya dan kreasi layang-layang dari berbagai pelosok negeri dan mancanegara bakal meramaikan event gelaran yang ke delapan ini. Gelaran tiga tahun lalu, tepatnya pada JIKF 2019 lalu, peserta dari sejumlah negara mengikuti ajang ini. Mereka berasal daro Singapura, Malaysia, India, China, Taiwan, Amerika Serikat, Thailand, Kuwait, Inggris dan Jepang.

Read More

Baca Juga: Saksikan! Festival Layang-layang Internasional JIKF 2023 di Parangkusumo Bantul

Informasi yang dihimpun dari panitia, jumlah layang-layang lebih banyak dibanding sebelumya. Pada JIKF 2023 ini bakal ada 1.001 layang-layang dari berbagai negara turut menyemarakkan event pariwisata ini.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Kurniawan menyatakan, pada JIFK 2023 akan memamerkan 1.001 layang-layang dari dalam negeri dan mancanegara. “Ada eksibisi 1.001 layang-layang dalam event JIKF 2023 ini,” katanya.

Baca Juga: Ngaran Kite Festival 2022, Peduli Lingkungan dengan Layangan di Sleman

Selain eksebisi 1.001 Layang-layang internasional dan nasional, ada lomba yang memperebutkan Piala Hamengku Buwono X. Total ada lima kategori, yakni Tradisional, Dua dimensi, Tiga dimensi, Train Naga, Rokkaku Challenge dan Train Naga Mini.

Tidak kalah menarik, selama event berlangsung juga ada atraksi flypass pesawat fixediving dan trike. Di sekitar lokasi JIKF 2023 juga ada panggung seni budaya, eksebisi layang-layang malam, bazaar, kuliner dan UMKM.

Baca Juga: Festival Layangan Samas, Upaya Mengembalikan Kejayaan Wisata Pantai di Sanden Bantul

Pemkab Bantul berharap keikutsertaan beberapa negara dalam event ini dapat turut mempromosikan pariwisata yang ada di DIY, khususnya di wilayah selatan DIY di kancah internasional. Untuk itu, warga yang ada di sekitar tempat penyelenggaraan JIKF 2023 dapat turut mendukung event ini dengan memberikan pelayanan yang ramah kepada para peserta dan wisatawan.

Tentu event keren JIKF 2023 sayang jika tidak diabadikan. Untuk itu, agar moment ini indah ini terabadikan, juga digelar lomba foto JIKF 2023. Adapun ketentuan dan persyaratan sebagai berikut:
– peserta wajib mengupload maksimal dua foto
– Saar mengikuti lomba para peserta tidak mengunci akun instagram pribadi dan memberikan hastag JIKF2023
– Foto yang diunggah di instagram wajib merupakan hasil karya foto sendiri
– Foto yang diambil harus pada saat acara event JIKF 2023 berlangsung (15-16 Juli 2023)
– Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat dan dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga jika terjadi pelanggaran hak cipta.

Baca Juga: Anoman, Janaka dan Wayang Lain Ramaikan Festival Paralayang di Kulon Progo

Pengumpulan karya foto
– Peserta diperbolehkan menyeleksi karya dan mengedit karya sebatas total control brightness, contrast, level, curve) dan dropping tidak melebihi 50 persen

Hadiah
– Juara 1,2,3 (piagaram, piala dan uang pembinaan)

Biaya pendaftaran
– Rp30.000 (pembayaran cash di lokasi)
– Pendaftaran maksimal 14 Juli 2023. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *