Ngaran Kite Festival 2022, Peduli Lingkungan dengan Layangan di Sleman

  • Whatsapp
Ngaran Kite Festival
Ngaran Kite Festival 2022. (Foro: Istimewa)

BacaJogja – Event Ngaran Kite Festival menjadi rangkain acara menarik pada awal Oktober 2022. Event digelar di Dusun Ngaran, Kalurahan Margokaton, Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, pada Sabtu dan Minggu, 1-2 Oktober 2022.

Ragam kegiatan dihelat pada event bertajuk Menyemai Harapan, Merawat Masa Depan ini, antara lain kompetisi layang-layang, pentas musik, pentas seni budaya, workshop membuat layangan, workshop pertanian, pemutaran film.

Read More

Baca Juga: Festival Layangan Samas, Upaya Mengembalikan Kejayaan Wisata Pantai di Sanden Bantul

Sesi Kompetisi Layang-layang akan diadakan pada hari kedua atau 2 Oktober 2022. Dimulai dengan penerbangan layang-layang sekitar pukul 12.30 WIB. Sebelum penerbangan akan ada beberapa acara terlebih dahulu, salah satunya workshop tentang pembuatan layang-layang tradisional.

Sesuai tema yang diangkat tentang kepedulian lingkungan masa depan, di sekitar venue event juga stan UMKM berbasis petanian dan kuliner tradisional bebas plastik sekali pakai.

Baca Juga: Selain Bantul Creative Expo, Ini Daftar Event di Bumi Projotamansari Agustus 2022

Festival Layang-Layang Ngaran 2022 ini merupakan satu dari sekian banyak hal dari masa lalu, yang masih bisa dirunut kembali. Seperti persawahan yang kian sempit dan hilang. Pepohonan yang terus ditebangi. Sungai dan laut yang tercemar limbah dan polusi. Hewan-hewan punah. Sehingga kita harus hidup di bumi yang penuh ketidakpastian akan masa depan.

Melalui festival ini, bisa kembali belajar dan mengajarkan kepada generasi penerus, betapa berharganya sawah-sawah di masa lalu dan petani adalah pekerjaan yang mulia. Daun dapat digunakan beraneka kebutuhan, tanpa menyisakan sampah plastik yang memunculkan segunung masalah.

Baca Juga: Daftar Lengkap Event Unggulan di Yogyakarta Oktober 2022

Dengan cita-cita yang sederhana ini telah melayang setinggi langit. Tapi harus tetap berjuang untuk meraihnya dengan cara yang menyenangkan, salah satunya dengan layang-layang. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *