Polres Kulon Progo Bersih Sampah Pantai Glagah, Trisik dan Tempat Lain

  • Whatsapp
polisi bersih sampah
Polres Kulon Progo melakukan aksi bersih Sampah sejumalh pantai seperti Glagah dan Trisik. (Foto: Polres Kulon Progo)

BacaJogja – Kepolisian secara serentak di Indonesia menggelar aksi peduli lingkungan dengan membersihkan sampah. Kegiatan bertema “Membersihkan Sampah Seretak Bersama Polri” ini merujuk pada Program Prioritas Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Di Bumi Binangun, Polres Kulon Progo membersihkan sampah di sepanjang Pantai Glagah, Pantai Trisik hingga Pusat-pusat keramaian pada Kamis, 13 Juli 2023. Ratusan personel dan partisipan gotong-royong menyisir pinggiran Pantai untuk membersihkan sampah.

Read More

Aksi bersih-bersih kepolisian ini juga melibatkan TNI, tokoh masyarakat, generasi milenial, Pokdarwis (kelompok sadar wisata), komunitas peduli wisata, pelaku usaha hingga pengunjung.

Baca Juga: Sampah Organik di Kulon Progo Diolah Menjadi Cairan Eco Enzym Ragam Manfaat

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati memimpin langsung aksi ini dan diikuti PJU hingga personel Polsek Jajaran. “Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, salah satunya di kawasan wisata pantai, tutur AKBP Nunuk kepada wartawan.

Dia mengatakan, gerakan bersih pantai ini harus terus dilakukan oleh berbagai pihak. Selain untuk mengurangi masuknya sampah ke lautan, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan laut.

“Kalau pantainya bersih dan sehat kan nantinya jadi banyak pengunjung wisata datang, selain bisa mengangkat Wisata Kulonprogo juga bisa menambah pundi-pundi rupiah untuk warga pelaku usaha pariwisata.” jelasnya.

Baca Juga: Anda Penyelamat Bumi? Pasang Twibbon Hari Peduli Sampah Nasional ini

Di lokasi yang berbeda, Kabagops Kompol Budi Kustanto bersama anggota dan partisipan yang menyisir Pantai Trisik menyampaikan, karena Laut berkontribusi cukup besar terhadap kehidupan masyarakat pesisir maka perlunya menjaga kebersihan dan keseimbangan ekosistem laut untuk keberlangsungan hidup.

Dia mengatakan, sampah yang sudah terkumpul kemudian dipilah dan kelola sesuai prosedur. “Kegiatan ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih sehingga wisatawan dapat nyaman dalam berlibur”, ucapnya.

Kasi Humas Iptu Triatmi Noviartuti berharap semua elemen dan instansi terkait dapat mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan juga mengurangi pemakaian plastik sekali pakai agar tidak berdampak pada kerusakan lingkungan.

Baca Juga: Wayang Uwuh Berbahan Sampah, dari Yogyakarta Menembus Dunia

“Semoga ke depan kondisi Pantai dan fasilitas umum lainnya dapat terus terjaga kebersihannya dari sampah baik organik maupun non organik. Masyarakat dan pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ungapnya.

Adapun bersih-bersih sampah dilakukan juga di pusat-pusat kegiatan masyarakat diantaranya Pasar Wates, Pasar Kenteng Nanggulan, Sub. Terminal Bendungan, Pasar Samigaluh, Pasar Hewan Terpadu Pengasih, Terminal Ngeplang Sentolo dan Waduk Sermo Kokap. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *