Mengenal Fitur Mobil Listrik Formula-E Super Sekip EV-3 Evolution Karya UGM

  • Whatsapp
Tim Yacaranda UGM
Tim Yacaranda UGM berfoto dengan Mobil formula tenaga listrik, Super Sekip EV-3 Evolution. (Foto: Dok, UGM)

BacaJogja – Mobil formula tenaga listrik, Super Sekip EV-3 Evolution karya UGM Yogyakarta berhasil menyabet dua gelar juara dalam ajang Formula Electric Student Championship Indonesia International Motor Show (FESC IIMS) 2022 yang digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, 31 Maret-10 April 2022.

Mobil yang dibawa Tim Yacaranda UGM pada event tersebut meraih juara 1 dalam kategori akselarasi (Best Acceleration) dan juara 2 dalam kategori bisnis plan.

Read More

Baca Juga: Mengupas Kehebatan Mobil Listrik Garuda EV-22 Karya UNY Juara Umum IIMS

Mobil Super Sekip EV-3 Evolution ini merupakan mobil kelima yang dibangun oleh Tim Yacaranda. Pada lomba tersebut, mobil ini berhasil meraih waktu 6.844 detik untuk mencapai jarak 75 meter.

Managerial Leaders Tim Yacandara UGM, Uun Kurnianingsih, mengatakan Mobil Super Sekip EV-3 Evolution sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Pertama, dilengkapi dengan sistem monitor telemetri sehingga dapat dipantau dari jarak jauh.

Baca Juga: Kurangi Penggunaan BBM Energi Fosil, UGM Luncurkan Bus Trans Gadjah Mada

Kedua, mobil sudah dilengkapi dengan 5 point Seatbelt. Tentunya lebih memberikan keamanan dan kenyamanan kepada driver. Ketiga, ada fitur teknologi yang dapat meringankan steering; dan desain suspensi yang betul-betul dirancang untuk memberikan kenyamanan saat berkendara.

Dia mengatakan, Super Sekip EV-3 Evolution juga dilengkapi dengan steering wheel yang memiliki sudut dengan mempertimbangkan aspek ergonomi untuk mengurangi beban steering. “Dengan konstruksi suspensi yang dirancang tim untuk memaksimalkan traksi ban pada permukaan jalan, konstruksi suspensi ini dapat meminimalsir kejutan dan getaran yang dihasilkan,” tutur Uun.

Baca Juga: Tjetjep Heriyana, Legenda Balap Motor Indonesia Dapat Tiket MotoGP Mandalika dari Ridwan Kamil

Uun mengungkapkan, setelah FESC IIMS, Tim Yacandara akan terus melakukan riset dan pengembangan untuk menghasilkan mobil yang lebih mantap lagi. “Saat ini kami sedang mempersiapkan diri mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia, rencananya digelar November mendatang,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *