Magang sebagai Peluang: Pengalaman Fadila, Mahasiswa Magang di Creative Industry

  • Whatsapp
peluang magang
Produksi konten Netra Creative Agency (Foto: Dok. Tiktok Netivmedia)

BacaJogja – Magang adalah cara bagi seseorang untuk memperoleh pengalaman kerja yang relevan dengan apa yang telah ia pelajari. Magang biasanya terjadi ketika seseorang sedang berada di sebuah instansi Pendidikan seperti sekolah atau universitas.

Dengan magang, pelajar atau mahasiswa tersebut dapat mempelajari keterampilan – keterampilan baru yang tidak didapatkan ketika mengenyam bangku pendidikan & juga dapat mengembangkan diri menjadi lebih profesional, sehingga mereka dapat memperjelas arah karirnya ke depan.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: MODENA WashStation™: Inovasi Mesin Cuci yang Mengubah Cara Anda Merawat Pakaian

Magang di hari pertama sering kali menjadi sesuatu yang bikin degdegan bagi setiap anak magang. Hal ini juga dirasakan oleh salah satu mahasiswa yang magang di Netra Creative Agency bernama Fadila Khairunnisa mengungkapkan, saat ingin masuk magang di hari pertama dirinya merasa deg-degan bahkan sudah sejak malam sebelumnya.

Ia memikirkan beragam perkiraan seperti: bagaimana nanti suasana disana, bagaimana cara ngobrol dengan orang-orang baru di kantor, nanti di sana tugasku di mana dan harus mulai dari mana.

Baca Juga: Menyelamatkan Warisan Budaya: Sawah dan Tradisi Wiwitan dalam Kepungan Modernitas Kota Jogja

Namun, setelah beberapa hari merasakan atmosfer disana, ia mulai enjoy dengan situasi dan lingkungan barunya. Cara dia menyesuaikan adalah dengan sering bertanya kepada teman-teman sesama anak intren maupun juga langsung ke atasan, berani mencoba hal-hal baru yang belum ia lakukan sebelumnya, intinya perlu mengeksplor kemampuan, mumpung sedang ada kesempatan magang manfaatkan.

Hal lain yang membuatnya nyaman adalah karena ia bekerja dengan mentor yang interaktif dan informatif. Di sana Fadila bekerja sebagai marketing komunikasi yang diberikan tugas untuk mencari kompetitor, membuat konten plan, menyusun timeline produksi, membuat konten, editing, dan priview konten.

Baca Juga: Hotel Grand Rohan Jogja Hadirkan Pizza dengan Lima Varian Rasa Otentik

Sebelum magang dirinya pernah berfikir bahwa magang itu akan susah, banyak beban dan senioritas didalamnya, ternyata mangan itu seru, tidak ada senioritas, semua orang-orangnya fun dan suportif.

Ia juga berharap bahwa melalui pengalaman magang di Netra Creative Agency, ia dapat memahami dunia kerja secara nyata dan menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama ini. Dengan demikian, pengalaman tersebut diharapkan bisa menjadi langkah awal yang penting menuju pencapaian karir yang lebih cemerlang. []

Artikel kiriman Dava Putra Anandya, Mahasiswa Ilmu komunikasi Broadcasting
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Related posts