BPKH Hajj Run 2024: Persiapan Fisik dan Keuangan Optimal untuk Ibadah Haji

  • Whatsapp
BPKH Hajj Run 2024
Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander memberikan keterangan tentang BPKH Hajj Run 2024. (Istimewa)

BacaJogja — Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) kembali menggelar BPKH Hajj Run 2024, sebuah acara tahunan yang menggabungkan olahraga lari dengan kampanye persiapan fisik dan finansial bagi calon jemaah haji. Pendaftaran resmi telah dibuka dan acara ini akan berlangsung pada 3 November 2024 di Padang, Sumatera Barat.

Acara ini bertujuan menekankan pentingnya kesiapan fisik sebagai bagian dari istitho’ah, syarat utama pelaksanaan ibadah haji. Melalui program ini, BPKH ingin mengajak masyarakat untuk memahami bahwa persiapan fisik yang optimal sangat diperlukan dalam menjalankan ibadah haji, sebagai salah satu rukun Islam yang membutuhkan stamina yang baik.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Kolaborasi DJPb DIY dan UPN Veteran Yogyakarta Tingkatkan Literasi Fiskal Lewat KFR 2024

Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander, menegaskan bahwa stamina prima sangat diperlukan untuk menjalankan ibadah yang penuh tantangan fisik ini. Melalui BPKH Hajj Run, masyarakat diajak memahami bahwa persiapan kesehatan tidak boleh diabaikan, terutama mengingat banyak jemaah gagal berangkat tahun ini akibat kondisi kesehatan yang tidak memenuhi syarat.

“Kami ingin mendorong masyarakat untuk memulai persiapan fisik sejak dini, karena haji membutuhkan stamina yang baik. Jangan tunggu usia lanjut untuk memulai perjalanan ini,” ujar Harry.

Baca Juga: Loman Park Hotel Yogyakarta: Transformasi Inovatif, Sinergi Budaya dan Kenyamanan

Dorongan Gerakan #AyoHajiMuda

Kegiatan ini juga mengkampanyekan gerakan #AyoHajiMuda, mendorong generasi milenial dan Gen Z untuk memulai perencanaan haji sejak usia muda. Sebab diakui Harry, selama ini ada kesan haji adalah ibadah untuk para pensiunan atau lansia.

“Sudah tua baru Haji. Ada juga kesan Haji bukan pilihan anak muda, generasi milenial atau gen Z. Oleh karena itu kita ingin mendorong gerakan Ayo Haji Muda dengan cara mengikuti trend, bahwa lari juga bisa bikin sehat dan sejalan dengan ibadah,” jelas Harry.

Baca Juga: Modul Kebidanan dan Simulasi Bencana: Strategi Kolaborasi Profesi Kesehatan di Poltekkes Yogyakarta

Pada BPKH Hajj Run 2023, kampanye ini berhasil meningkatkan pendaftar haji muda sebesar 15%. Tahun ini, BPKH menargetkan peningkatan lebih besar lagi dengan fokus pada peserta di bawah 30 tahun.

BPKH Hajj Run 2024 juga didukung oleh berbagai bank syariah, termasuk Bank Syariah Indonesia dan Bank Danamon Syariah. “Ini adalah komitmen kami untuk mendukung persiapan fisik dan finansial optimal bagi calon jemaah haji,” kata Merci Santi Adriani, Syariah Funding Business Head Danamon Syariah.

Rangkaian Lomba dan Hadiah

BPKH Hajj Run 2024 diharapkan dapat memperkuat citra BPKH sebagai lembaga yang terpercaya dalam pengelolaan keuangan Haji. “Ini adalah bentuk komitmen BPKH untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan umat, serta mendukung program pengelolaan keuangan Haji yang optimal,” tambah Harry.

Baca Juga: Yusi Ananda Rilis Single “Palestina”, Donasikan Seluruh Hasil untuk Warga Gaza

BPKH Hajj Run 2024 menawarkan perlombaan 10 kilometer dengan tiga kategori: nasional, lokal Sumatera Barat, dan usia 16-22 tahun. Para pemenang akan menerima hadiah menarik, memperkuat daya tarik acara ini.

Untuk informasi lebih lanjut, pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi BPKH Hajj Run atau aplikasi BPKH Apps yang tersedia di Google Play dan App Store, serta media sosial resmi di @bpkhri dan @bpkh.hajjrun. []

Related posts