KAI Commuter Layani Lebih dari 5,8 Juta Penumpang Commuter Line Yogyakarta-Palur

  • Whatsapp
penumpang KRL
Pengguna Commuter lIne Yogyakarta (Istimewa)

BacaJogja – KAI Commuter mencatatkan peningkatan signifikan dalam jumlah pengguna pada triwulan ketiga tahun 2024. Hingga 30 September 2024, Commuter Line Yogyakarta-Palur berhasil melayani lebih dari 5,8 juta penumpang, mengalami kenaikan sebesar 27% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, di mana volume pengguna mencapai 4,6 juta orang.

Rata-rata volume harian pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur juga melonjak menjadi 21.347 penumpang per hari, naik 8% dari tahun lalu yang hanya mencatatkan rata-rata 16.933 penumpang per hari.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Nasgor Pang: Nasi Goreng Merah yang Viral di Jantung Kota Jogja

Tidak hanya itu, peningkatan juga terjadi pada Commuter Line Prameks dengan total penumpang mencapai 718.991 orang hingga September 2024, atau rata-rata 2.624 penumpang per hari, naik sebesar 9% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

“Peningkatan ini menunjukkan tren yang sangat positif, di mana masyarakat semakin menjadikan Commuter Line sebagai moda transportasi andalan dalam mobilitas sehari-hari,” ujar Joni Martinus, VP Corporate Secretary KAI Commuter dalam siaran pers.

Baca Juga: Maxim Ajak Siswa Yogyakarta Asah Kreativitas dan Matematika dengan Kuis MAXIMatika

Komitmen KAI Commuter untuk Layanan Berkualitas

Mengantisipasi tren peningkatan pengguna, KAI Commuter terus meningkatkan layanan dengan mengoperasikan 24 perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur dan 8 perjalanan Commuter Line Prameks setiap harinya.

Stasiun Yogyakarta, yang juga berfungsi sebagai stasiun integrasi dengan kereta jarak jauh, tercatat sebagai stasiun dengan volume pengguna terbanyak. Sebanyak 1.682.658 penumpang berangkat dari stasiun ini, sementara 1.670.725 penumpang tiba di Yogyakarta. Stasiun Solo Balapan juga menunjukkan angka yang signifikan dengan 689.732 penumpang berangkat dan 689.057 penumpang tiba.

Baca Juga: Tenun dan Stagen di Bantul, Kisah Harti Melestarikan Warisan Leluhur di Tengah Modernisasi

KAI Commuter juga terus memperluas integrasi pembayaran melalui Kartu Multi Trip (KMT), yang kini dapat digunakan tidak hanya untuk Commuter Line, tetapi juga Bus Trans Yogyakarta, Bus Trans Jateng, serta sejumlah merchant yang telah bekerja sama dengan KAI Commuter. Penumpang juga dapat memilih metode pembayaran melalui uang elektronik bank atau QR-Code lewat aplikasi mitra.

Wisatawan Dominasi Pengguna Akhir Pekan

Berbeda dengan tren di Jabodetabek, pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur didominasi oleh wisatawan pada akhir pekan, terutama mereka yang bepergian dari Yogyakarta ke Solo untuk berlibur. Waktu tempuh yang terprediksi, sekitar satu jam, menjadi daya tarik utama. Rekor tertinggi pengguna tercatat pada periode Lebaran 2024, di mana sebanyak 41.535 orang menggunakan Commuter Line Yogyakarta-Palur dalam satu hari.

KAI Commuter terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan, salah satunya melalui kerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan **Pemerintah Daerah** dalam meningkatkan kualitas moda transportasi massal ini. KAI Commuter juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan dan fasilitas stasiun serta menghindari vandalisme. []

Related posts