Program Pelatihan SDM Tenant Teras Malioboro: Langkah Pemda DIY Bantu UMKM Naik Kelas

  • Whatsapp
pelatihan SDM
Pelatihan Penerapan Peningkatan SDM Bagi Tenant Teras Malioboro: Komitmen Pemda DIY untuk UKM Naik Kelas. (Istimewa)

BacaJogja – Pemerintah Daerah DIY terus memperkuat komitmennya dalam memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pelatihan “Pendampingan Penerapan Tata Kelola Ketenagakerjaan bagi Tenant Teras Malioboro.”

Acara ini digelar dari 30 September hingga 2 Oktober 2024 dan diikuti oleh 30 tenant dari Teras Malioboro 1 dan 2. Pelatihan ini merupakan bagian dari program bertahap untuk membantu tenant mengelola bisnis mereka secara profesional.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: BPKH Limited Luncurkan 14 Varian Bumbu Kampoeng: Masakan Cita Rasa Nusantara untuk Jemaah Haji dan Umrah

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Dana Keistimewaan DIY dan menekankan pentingnya tata kelola ketenagakerjaan yang baik, demi meningkatkan kualitas pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) tenant.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A., menyatakan, “Kami berharap pelatihan ini dapat membantu tenant memahami pentingnya tata kelola ketenagakerjaan yang profesional agar mampu menciptakan iklim kerja yang produktif dan mendukung pertumbuhan bisnis.”

Baca Juga: Layanan Akad Nikah Gratis dan Praktis di Mal Pelayanan Publik Yogyakarta

Hari pertama pelatihan fokus pada teori dan praktik tata kelola ketenagakerjaan, dengan narasumber ahli yang membahas aturan dasar ketenagakerjaan, manajemen karyawan, serta aspek hukum yang perlu diperhatikan untuk membangun hubungan kerja yang harmonis.

Di hari kedua, peserta mengunjungi dua UKM sukses, Abon Daun Emas dan Vifas Batik, yang telah menerapkan pengelolaan tenaga kerja secara profesional. Ahmad Fauzi, salah satu tenant, mengungkapkan, “Kunjungan ke Abon Daun Emas membuka wawasan saya tentang pengelolaan karyawan yang lebih baik. Ini relevan dengan bisnis saya, dan saya berencana menerapkan beberapa ilmu yang saya pelajari di sini.”

Baca Juga: Mengenal Klub Mencari Bunga: Komunitas Unik Pecinta Flora di Yogyakarta

Pelatihan ini ditutup pada hari ketiga dengan evaluasi menyeluruh oleh para narasumber. Tenant didorong untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam bisnis mereka. “Kami berharap pelatihan ini akan berdampak positif pada para tenant, sehingga mereka lebih siap bersaing di pasar yang lebih luas,” ungkap Ibu Hellen Phornica STP, M.Si., Kepala UPT BLUT KUMKM DIY.

Pelatihan ini menegaskan upaya Pemda DIY untuk memastikan UMKM, khususnya tenant Teras Malioboro, siap naik kelas dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi ekonomi Yogyakarta. Dengan tata kelola yang lebih baik, tenant diharapkan mampu mengelola SDM dengan lebih profesional dan produktif, sehingga bisnis mereka dapat berkembang lebih lanjut. []

Related posts