Taman Ingas Kaligawe, Destinasi Wisata Baru di Piyungan Bantul

  • Whatsapp
Taman Ingas Kaligawe
Taman Ingas Kaligawe, sebuah destinasi wisata baru yang berada di Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Bantul – Taman Ingas Kaligawe, sebuah destinasi wisata baru yang berada di Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Mungkin tidak ada yang menyangka, kawasan ini sebelumnya dipenuhi oleh kebun sampah yang tidak pernah dijamah manusia. Kini disulap menjadi tempat destinasi wisata berbasis alam yang asri.

Taman Ingas Kaligawe, nama Ingas sendiri diambil karena di daerah ini dulu nya ada pohon Ingas yang tumbuh besar sekali. Destinasi wisata baru ini berada tepat di Jalan Kwasen, RT 05, Srimartani, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul.

Read More

Baca Juga:

Lokasi ini berjarak sekitar kurang lebih 18 Kilometer ke arah timur Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Untuk menuju akses ke tempat ini sangat mudah yakni dari perempatan Pasar Kembangsari Srimarti lalu ambil arah ke kanan, dan lurus terus hingga menjumpai papan petunjuk menuju lokasi Taman Ingas Kaligawe.

“Sabtu dan Minggu wisatawan yang berkunjung kesini bisa sampai 400-500 orang”

Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai macam kuliner yang bisa dinikmati bersama teman atau keluarga sambil menikmati udara yang asri khas pinggir sungai. Untuk jam operasional Taman Ingas Kaligawe ini sendiri buka mulai pukul 08.00 sampai 21.00 WIB.

Namun waktu yang tepat untuk datang adalah sore menjelang malam hari. Pasalnya pengunjung atau wisatawan bisa merasakan betapa sejuknya udara sore hari sembari dihiasi oleh lampu-lampu pada malam hari yang membuat suasana semakin asyik.

Taman Ingas Kaligawe
Taman Ingas Kaligawe, sebuah destinasi wisata baru yang berada di Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

“Alhamdulillah tempat ini dibuka bulan Oktober 2020 dan hingga saat ini antusias wisatawan masih sangat baik, untuk hari Sabtu dan Minggu wisatawan yang berkunjung kesini bisa sampai 400-500 orang. Sedangkan, untuk hari biasa wisatawan yang berkunjung ke sini berkisar 100 sampai 200 orang,” ujar pengelola Taman Ingas Kaligawe.

Baca Juga:

Tempat wisata ini sendiri masih dikelola secara swadaya baik oleh tokoh masyarakat dan pemuda desa. Tentu saja area Taman Ingas Kaligawe ini sendiri memiliki area yang cukup luas dan diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Tempat ini juga memadai untuk dilakukannya kegiatan-kegiatan yang membutuhkan tempat yang cukup luas. Hanya saja, tentunya di tengah pandemi seperti saat ini bagi setiap pengunjung tetap harus mentaati protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan juga menjaga jarak. []

Source: Instagram Dinparbantul

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *