Dompet Dhuafa dan UPZ Permata Bank Syariah Luncurkan Program Mina Padi Bantul

  • Whatsapp
mina padi sedayu bantul
Dompet Dhuafa dan UPZ Permata Bank Syariah meluncurkan Mina Padi seluas dyua hektare di Sedayu Bantul Yogyakarta. (Foto: IStimewa)

Yogyakarta – Dompet Dhuafa bersinergi dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Permata Bank Syariah meluncurkan Program Pertanian Sehat Indonesia (Mina Padi) di Kalurahan Argorejo, Kapanewon Sedayu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Para penerima manfaat nantinya akan mendapatkan penghasilan dari hasil padi dan hasil ikan.

Program pertanian ini memanfaatkan dua hektare lahan tani dengan memberdayakan petani padi setempat. Di samping itu, Kawasan Mina Padi ini juga diresmikan sebagai Kawasan Ekowisata, salah satunya dengan dibangunnya pasar ikan sebagai sarana pemasaran hasil tambak.

Read More

Baca Juga: Pemkab Bantul Siap Cetak Lahan Pertanian Baru di Selopamioro Imogiri

Sekretaris Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Yayat Supriatna mengatakan, pihaknya terus upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil dan menengah. Dompet Dhuafa bersama dengan berbagai lembaga dan stakeholder lainnya, telah banyak mewujudkan program-program ekonomi berkelanjutan.

“Sinergi Dompet Dhuafa dan UPZ Permata Bank Syariah ini bukan yang pertama kali. Beberapa program sebelumnya juga telah dilakukan bukan hanya pada sektor ekonomi saja melainkan juga pada sektor kesehatan. Program ini akan memberi manfaat secara ekonomi bagi para petani padi, peternak ikan, masyarakat sekitar, juga ibu-ibu tangguh pejuang keluarga,” katanya saat peluncuran Mina Padi, Rabu, 22 Desember 2021.

peluncuran mina padi bantul
Dompet Dhuafa dan UPZ Permata Bank Syariah meluncurkan Mina Padi seluas dyua hektare di Sedayu Bantul Yogyakarta. (Foto: IStimewa)

Staf Ahli Bupati Bantul Yus Warseno mewakili Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, pemerintah tidak akan mampu untuk melakukan pemberdayaan tanpa dukungan dari pihak-pihak lain tak terkecuali NGO maupun lembaga zakat seperti Dompet Dhuafa dan UPZ Permata Bank Syariah.

Baca Juga: Yuniar Siswandono, Perjuangan Panjang Peternak Ayam Kampung Sukses asal Klaten

“Pesan dari Bupati bahwa pemkab mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa dan UPZ Permata Bank Syariah. Kami sangat mendukung dan berharap program ini dapat terus berlanjut dan terus meningkat,” ungkapnya.

Peresmian dilakukan dengan dua proses. Pertama dengan pelepasan bibit ikan nila, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Pasar Ikan. Hadir dalam acara Direktur Pemberdayaan dan Pengembangan Ekonomi Doni Marlan, jajaran pemerintah lainnya, jajaran pengurus UPZ Permata Bank Syariah yang mengikuti rangkaian acara melalui media daring Zoom. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *