Filosofi Maskot dan Logo Porda XVI – Peparda III DIY 2022 di Sleman

  • Whatsapp
maskot porda diy
Maskot Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 di Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

Sleman – Kabupaten Sleman menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI dan Pekan Paralympic Daerah (Peparda) III Daerah Istimewa Yogyakarta 2022. Event yang digelar selama 9 hari ini akan dimulai pada 1-9 September 2022.

Maskot event beserta logo dan jingle Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 sudah diluncurkan di Aula Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman, pada Kamis, 31 Maret 2022. Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang memimpin langsung peluncuran ini.

Read More

Baca Juga: Serunya Nonton Bareng Final Piala AFF Bersama Menpora di Yogyakarta

Maskt dan logo berupa burung Elang Jawa dan memakai batik motif parijoto salak. Bukan tanpa alasan memilih maskot ini, tentunya dilatarbelakangi filosofi yang kuat dari Bumi Sembada.

Adapun filofosinya, Elang Jawa merupakan satwa endemik yang ada di Kabupaten Sleman, khususnya di kawasan lereng Merapi seperti Kapanewon Turi, Cangkringan dan Pakem. Sedangkan Batik Parijotho Salak, dipilihnya tanaman Parijotho dan Salak untuk motif batik terinspirasi sebagai aksi pelestarian tanaman asli kawasan lereng Gunung Merapi.

Baca Juga: Sri Sultan HB X Komentari PSIM Yogyakarta Gagal Promosi Liga 1

Sedangkan jingle untuk event ini, sesuai dengan liriknya, mengajak warga di DIY untuk memberikan dukungan dan semangat untuk para peserta di Porda XVI dan Peparda III DIY. Selain itu agar event ini menumbuhkan rasa solidaritas dan menjunjung tinggi sportifitas.

“Kobarkan Semangatmu, Tak Ada Kata Ragu, Tumbuhkan Rasa Solidaritas, Junjung Tinggi Sportifitas”, begitu salah satu lirik pada jingle Porda XVI dan Peparda III DIY.

Pada gelaran Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 ini, tuan rumah menargetkan sebagai juara umum untuk ketiga kalinya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *