Daftar 11 Daerah Beli Solar dan Pertalite Wajib Pakai MyPertamina per 1 Juli 2022

  • Whatsapp
Ilustrasi SPBU Jogja
Ilustrasi SPBU Jogja. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak menggunakan MyPertamina mulai diujicobakan pada 1 Juli 2022. Pertamina Patra Niaga sudah menyiapkan website MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Penyaluran Solar dan Pertalite sebagai BBM subsidi diatur dengan regulasi seperti Peraturan Presiden No. 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas No. 4/2020. Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) pun bertugas untuk menyalurkan BBM subsidi tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan energi yang terjangkau bagi masyarakat.

Read More

Baca Juga: Ekonom UGM Menyarankan Pemerintah Tidak Menaikkan Solar, Pertalite dan TDL

Untuk memastikan mekanisme penyaluran makin tepat sasaran, Pertamina Patra Niaga berinisiatif melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak yang sudah terdaftar di dalam sistem MyPertamina.

Uji coba dilakukan di 11 kabupaten dan kota yang tersebar di lima provinsi, yakni Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dikutip dari laman resmi MyPertamina, ada 11 daerah pada tahap I untuk uji coba beli Pertalite pakai MyPertamina per 1 Juli 2022. Berikut daftarnya:
1. Kota Bukit Tinggi
2. Kab. Agam
3. Kota Padang Panjang
4. Kab. Tanah Datar
5. Kota Banjarmasin
6. Kota Bandung
7. Kota Tasikmalaya
8. Kab. Ciamis
9. Kota Manado
10. Kota Yogyakarta
11. Kota Sukabumi

Baca Juga: Polda DIY Bongkar Penimbun BBM Bersubsidi di Sleman

Warga yang berhak menggunakan Pertalite dan Solar di 11 daerah itu dapat mendaftarkan datanya melalui laman di atas. Kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna terdaftar di MyPertamina. Sistem MyPertamina akan membantu mencocokkan data pengguna.

Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya kemudian akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan. Lalu, pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar.

Warga yang tidak memiliki aplikasi MyPertamina tidak perlu khawatir. Pendaftaran bisa dilakukan di website MyPertamina tersebut. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *