Gempa M4.0 di Bojonegoro dan Tuban Jatim akibat Sesar Lokal

  • Whatsapp
gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Sejumlah warga dilaporkan merasakan getaran gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4.0 mengguncang wilayah Bojonegoro dan Tuban Jawa Timur pada Senin, 12 Juni 2023 pukul 08.04.23 WIB. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie menyatakan, episenter gempa berlokasi di darat pada jarak 6 km Barat Laut Bojonegoro Jawa Timur pada kedalaman 7 kilometer. “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” jelasnya dalam siaran pers, Senin, 12 Juni 2023.

Read More

Baca Juga: Penjelasan Resmi BMKG soal Gempa M6.0 di Selatan Jawa Yogyakarta

Dia mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,11° LS ; 111,85° BT.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini dirasakan di Bojonegoro, Tuban, Jawa Timur dengan skala intensitas II–III MMI. “Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ungkapnya.

Baca Juga: Gempa Pacitan 6.0 SR, Terjadi Empat Kali Susulan dalam 20 Menit

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. “Hingga saat ini, pukul 08.25 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock,” ujarnya.

BMKH meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Baca Juga: Gempa Tektonik M6,9 di Laut Jawa Tidak Berpotensi Tsunami

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *