Festival Upacara Adat di Sleman Dorong Kunjungan Wisata dan Ekonomi

  • Whatsapp
festival upacara adat sleman
Penampilan peserta dalam Festival Upacara Adat di Pakem, Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

BacaJogja – Event Festival Upacara Adat Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2023 resmi digelar di Lapangan Sumedang, Kalurahan Purwobinangun, Kapanewon Pakem, pada Senin, 12 Juni 2023. Selain nguri-uri kebudayaan leluhur, acara ini punya banyak manfaat.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membuka acara festival ini yang ditandai dengan pemukulan kentongan secara simbolis. Kustini mengatakan, penyelenggaraan festival ini merupakan komitmen dan upaya Pemkab Sleman dalam melindungi, melestarikan dan menjaga keragaman upacara adat yang ada di Kabupaten Sleman.

Read More

Baca Juga: Rangkaian Acara Upacara Adat Luwaran Taruban 2023 di Kulon Progo Yogyakarta

Ia menambahkan, seniman di Kabupaten Sleman juga dapat memanfaatkan festival ini sebagai wahana berkreasi serta unjuk kreativitas. “Saya berharap dengan festival ini menjadi sarana dan usaha kita bersama untuk nguri-uri serta menjaga berbagai keragaman upacara adat yang ada di Kabupaten Sleman,” imbuhnya.

Dia berharap melalui berbagai acara kebudayaan dapat berdampak positif bagi kunjungan wisatawan di Kabupaten Sleman yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat Sleman.

Baca Juga: Mengenal Upacara Adat Bekakak Keraton Yogyakarta di Gamping Sleman

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman, Edy Winarya menyatakan, Festival Upacara Adat 2023 Tingkat Kabupaten Sleman diikuti kelompok perwakilan dari 17 Kapanewon se-Kabupaten Sleman. Event digelar selama dua hari, tanggal 12-13 Juni 2023 mulai pukul 13.00 hingga selesai.

Edy mengatakan, tujuan acara ini untuk melestarikan dan mengembangkan seni tradisional khususnya upacara adat. Selain itu juga menjadi media pembinaan dan wadah bagi pelaku seni dan upacara adat di Sleman. “Harapannya dengan adanya media pembinaan dan wadah berkreasi, harapannya dapat melestarikan dan mengembangkan seni tradisional khususnya upacara adat,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *