Dari Dhaup Ageng, Anies Baswedan Mampir Kauman, Kampung Anies Pakualaman Yogyakarta

  • Whatsapp
anies baswedan di pakulaman
Warga Kauman Pakualaman Yogyakarta berfoto bersama Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Capres nomor urut 1 Anies Baswedan mendadak mampir di Kampung Kauman, Kecamatan Pakualaman, Kota Yogyakarta. Warga Kauman sudah mendeklarasikan diri sebagai Kampung Anies. Pasalnya di kampung ini, mayoritas penduduknya bakal memilih pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) pada pilpres 2024.

Di Kampung Kauman ini ada tiga posko pemenangan AMIN; yakni Posko Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Relawan AMIN Kota Yogyakarta, Posko Bakorsi Kecamatan Pakualaman, dan Posko Mak-mak Anies (Manies) Kota Yogyakarta.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Warga Kauman Pakualaman Yogyakarta Deklarasi sebagai Kampung Anies, Ini Alasannya

Ketua DPD Manies Kota Yogyakarta Yurike Fatmasari mengatakan, kedatangan Anies Baswedan di Kampung Kauman ini usai menghadiri acara Dhaup Ageng Pakualaman. “Pak Anies dan Bu Fery hadir di acara Dhaup Ageng Pakualaman, lalu jalan kaki menuju tiga posko,” katanya, Rabu, 10 Januari 2024.

Rike mengaku sangat senang sekali Anies Baswedan meluangkan waktu mampir ke Kampung Kauman, sekaligus mengunjungi tiga posko pemenangan AMIN sekaligus. Akhir tahun lalu, saat Anies Baswedan menikmati Malam Tahun Baru di Yogyakarta, DPD Manies sudah mengusulkan ke Tim Pemenangan Daerah (TPD) AMIN DIY agar Kampung Kauman menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi.

Baca Juga: Jamu Ginggang Pakualaman Solusi Telat Haid, Bakar Lemak dan Khasiat Lain

Namun, karena waktunya mepet, akhirnya tidak jadi. “Alhamdulillah, kesampaiannya hari ini. Pak Anies dan Bu Fery akhirnya benar-benar mengujungi Kauman, Kampung Anies,” ungkapnya.

Warga Kauman sangat antusias menyambut kedatangan Anies Baswedan. Padahal tanpa persiapan. “Awalnya kami hanya dapat kabar dari panitia Dhaup Ageng bahwa Pak Anies hadir di acara Dhaup Ageng. Kami koordinasi dengan warga untuk siap-siap. Spontan semuanya,” jelasnya.

Baca Juga: Kadipaten Pakualaman dan UST Sinergi Kembangkan Budaya Yogyakarta

Di Posko Bakorsi, Anies Baswedan menulis pesan agar relawan tetap semangat. Kemudian Anies Baswedan berjalan ke barat dan berfoto-foto bersama warga di depan gapura yang ada baliho Selamat Datang di Kampung Anies. Setelah itu, Anies mengunjungi Posko Manies Kota Yogyakarta.

Menurut Rike, Kampung Kauman dipastikan pasangan AMIN menang mutlak pada Pilpres 2024. Kampung Kauman ini ada sekitar 300-an rumah atau kartu keluarga (KK). “Alhamdulillah, survei yang sudah kita lakukan sebanyak 90 persen warga Kauman mendukung AMIN,” katanya.

Baca Juga: Dhaup Ageng Pernikahan Putra Adipati Paku Alam X, BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa 10 Januari 2024

Mengingat mayotitas warga mendukung AMIN, maka Kampung Kauman didelarasikan sebagai Kampung Anies. Sebuah kampung dijadikan sebagai Kampung Anies minimal syaratnya warga 80 persen mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Setelah dilakukan survei, ternyata pendukung capres-cawapres nomor urut 1 lebih dari 80 persen. []

Related posts