Warga Kauman Pakualaman Yogyakarta Deklarasi sebagai Kampung Anies, Ini Alasannya

  • Whatsapp
kampung anies pakualaman
Warga Kauman, Gunungketur, Pakualaman Yogyakarta mendeklarasikan diri sebagai Kampung Anies. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – Kampung Kauman, Kelurahan Gunungketur, Kecamatan Pakualaman, Kota Yogyakarta mayoritas penduduknya mendukung pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pilpres 2024. Atas dasar itu, warga bersepekat mendeklarasikan diri sebagai Kampung Anies.

Penasihat DPD Mak-mak pendukung Anies (Manies) Kota Yogyakarta Fatimah Adam Suyadi mengatakan, sebuah kampung untuk dijadikan sebagai Kampung Anies minimal syaratnya warga 80 persen mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Setelah dilakukan survei, ternyata pendukung capres-cawapres nomor urut 1 lebih dari 80 persen.

Read More

Baca Juga: Kampung Kauman Yogyakarta, Tempat Lahir Muhammadiyah Mayoritas Warganya Pilih AMIN

“Alhamdulillah, survei yang sudah kita lakukan sebanyak 90 persen warga Kauman mendukung AMIN,” katanya di sela deklarasi Kampung Anies di Pendopo Ponokawan Jalan Masjid, Pakualamanan, Yogyakarta, Minggu, 17 Desember 2023.

Ketua DPD Manies Kota Yogyakarta Yurike Fatmasari mengungkapkan alasan mayoritas warga Kampung mendukung paslon AMIN. Warga Kauman semua sudah tahu tentang profil, prestasi, dan rekam jejaknya.

“Semua warga tahu kalau Pak Anies dari kecil hingga besar di Yogyakarta. Prestasinya selama menjadi pemimpin juga bagus, berpihak kepada rakyat,” ungkapnya.

Baca Juga: Mengenal Purbayan, Kampung Wisata Yogyakarta Terbaik Kedua di Indonesia

Dari segi pendidikan Anies Baswedan, juga bisa menjadi contoh bagi anak-anak di Yogyakarta bahkan seluruh Indonesia. “Jadi, Pak Anies ini orang Jogja, Mosok orang Jogja tidak memilih Pak Anies,” ujarnya.

Menurut dia, di Kampung Kauman ini saja ada tiga posko pemenenangan AMIN. Ketiga posko tersebut yakni Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Kota Yogyakarta, Bakorsi Kecamatan Pakualaman, dan Posko Manies Kota yogyakarta. “Tiga posko itu semuanya berada di Kampung Kauman,” katanya.

Baca Juga: Kampung Sayur Bausasran Yogyakarta, Wisata Pertanian Perkotaan yang Mendunia

“Alhmadulillah mayoritas warga Kampung Kauman yang kini menjadi Kampung Anies ini siap all out untuk menenangkan pasangan AMIN. Siap menang mutlak saat coblosan Pilpres 2024,” tegasnya.

Usai deklarasi Kampung Anies, warga Kauman kemudian menempel stiker bergambar pasangan AMIN di rumah-rumah warga sebagai bukti penghuni merupakan pemilih AMIN. Selain itu, di gang masuk kampung juga dipasang spanduk Kampung Anies dengan gambar capres-cawapres yang diusung Koalisi Perubahan.

Baca Juga: 169 Kampung Menari Serentak Tiap Selasa Wage dan Kamis Pahing di Kota Yogyakarta

Rike, sapaan akrabnya, mengungkapkan, setelah dekarasi Kampung Anies, segera merancang program-program dan segera akan dilakukan untuk mengisi kegiatan di Kampung Anies ini.

Dia mengatakan, deklarasi Kampung Anies ini merupakan yang pertama di Kota Yogyakarta. “Semoga Kampung Anies ini bisa menginspirasi dan menjalar ke kampung-kampung lain di Kota Yogyakarta,” ujar Rike. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *