Warga Jogja Bondong-bondong Bikin Kaos Bertulis Wakanda No More Indonesia Forever

  • Whatsapp
wakanda no more
Warga Yogyakarta menunjukan kaos bertuliskan Wakanda No More Indonesia Forever. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Pernyataan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan, Wakanda No More, Indonesia Forever pada Debat Capres perdana di KPU RI Selasa, 12 Desember 2023 menjadi perhatian publik. Pernyataan Anies di sesi penutup pada debat tersebut viral di media sosial khsuusnya bagi kalangan milenial.

Loyalis Anies Baswedan di Yogyakarta pun meresponsnya dengan membuat kaos bertulis Wakanda No More, Indonesia Forever. Tak hanya satu dua warga yang bikin kaos tersebut.

Read More

Salah satunya adalah Abdul Azis, loyalis Anies Baswedan yang berdomisili di Umbulharjo Kota Yogyakarta. “Wah ini statemen Pak Anies keren dan viral, saya langsung bikin kaos dengan tulisan itu,” katanya pada Kamis, 14 Desember 2023 malam.

Baca Juga: Komandan SAR DIY Brotoseno Kerahkan Ribuan Anggotanya Jadi Relawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Pria yang tercatat sebagai Ketua DPD Jarnas ABW Kota Yogyakarta ini usai debat langsung menghubungi temannya, Haryadi, warga Patangpuluhan, Wirobrajan. Dia meminta temannya itu untuk untuk membuatkan kaos yang viral itu.

Niat biar cepar, namun masih kalah cepat dari sang idola. “Saya kirim desain ke teman dan minta secepatnya jadi. Ternyata Pak Anies sudah pakai kaos Wakanda No More, Indonesia Forever saat kunjungan ke Jambi sehari usai debat capres. Kalah cepat kita,” jelasnya dengan canda.

Aziz mengatakan, kaos pesanannya jadi dalam sehari. Kaos langsung dibagikan malam harinya pada rapat persiapan pengukuhan Bakorsi Kecamatan Umbulhajo. “Tahap awal saya bikin kaos terbatas, yang penting cepat jadi,” katannya.

Baca Juga: Viral Baliho PPP di Jalan Wates Dukung AMIN, Ini Kata Anies Baswedan

Tidak hanya Aziz. Warga Yogyakarta lainnya juga membuat kalimat yang viral pada kaos. Salah satunya Teguh, yang sedang menggalang dana untuk mencetak kaos Wakanda No More, Indonesia Forever. Begitu pula pimpinan partai koalisi perubahan juga masih memesan pembuatan kaos bertema kebebasan berpendapat dan kritik tersebut.

Dia mengungkapkan, kaos Wakanda No More, Indonesia Forever yang dibuatnya mendapat respons positif dari masyarakat. Buktinya begitu kaos diposting di grup-grup WhatsApp maupun media sosial, banyak yang merespons. “Karena closing statement Pak Anies itu benar-benar menarik dan viral. Hingga kini masih diperbincangkan,” ungkapnya.

Baca Juga: Respons Anies Baswedan soal Acara Diskusi Tak Dizinkan di Gedung Indonesia Menggugat Bandung

Sebelumnya, dalam beberapa kali kesempatan Anies Baswedan sering menyinggung penggunaan istilah ‘Wakanda’ atau ‘Konoha’. Istilah ini sering dipakai kalangan netizen yang ingin menyampaikan kritik atas kondisi bangsa ini namun tidak berani menyebut kata Indonesia karena khawatir dijerat UU ITE.

Menurut Anies, tidak seharusnya orang takut menyampaikan kritik kepada negara. Jika terpilih menjadi Presiden, Anies menegaskan bakal memberikan kebebasan orang berpendapat dan menyampaikan kritik.

“Ketika kita bicara masa depan, saya ingin menyampaikan kepada semua kebebasan berpendapat akan dijamin, kita tidak mengizinkan lagi situasi di mana orang takut, maka saya sampaikan Wakanda no more Indonesia forever,” tegasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *