Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Bersih-bersih Alun-alun Kidul

  • Whatsapp
alun-alun kidul
Sejumlah mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta melakukan bersih-bersih Alun-alun Kidul. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Sebanyak 19 mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) Prodi Humas mengadakan kegiatan bersih-bersih di Alun-alun Kidul (Alkid) Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan sebuah proyek mata kuliah yang diawali dengan diskusi. Dalam diskusi mengemuka bahwa kasus sampah di Yogyaarta harus diperhatikan lebih lanjut mengingat masih banyak warga yang kurang peduli dengan sampah dan kebersihan lingkungan.

Read More

Atas hal itu, maka dilaksanakannya kegiatan seruan bersih-bersih ini yang diharapkan dapat membawa dampak baik bagi masyarakat dan lingkungan.

Baca Juga: Metode Ramah Lingkungan, Investor Olah Sampah 60 Ton per Hari di Yogyakarta

Dalam kegiatan tersebut, terdapat beberapa volunteer dan masyarakat yang turut hadir dan ikut untuk membantu bersih-bersih sampah yang ada di Alkid.

Sebagai permulaan, para mahasiswa sebelumnya sudah melakukan sosialisasi dan kampanye berupa penempelan poster open volunteer bagi orang-orang yang peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Selanjutnya kegiatan bersih-bersih dilakukan mulai dari pagi hari, diawali oleh briefing panitia oleh ketua kegiatan. Kemudian panitia, volunteer, dan masyarakat diberikan sarung tangan sehingga saat memungut sampah tidak kotor. Kegiatan inti atau kegiatan memungut sampah dilakukan dari pagi sampai siang hari.

Baca Juga: Ini Vonis Denda PN Yogyakarta bagi 30 Pelanggar Buang Sampah Sembarang

Selanjutnya, panitia membagikan stiker yang berisi pesan untuk tidak membuang sampah sembarangan ke masyarakat yang ada di Alkid.

“Semangat ya, memang mahasiswa harus sering-sering turun langsung ke lapangan untuk melakukan sosialisasi dan kegiatan sosial seperti ini agar ke depannya masyarakat dapat semakin aware,” ucap salah satu pengunjung Alkid.

Bagi masyarakat, kegiatan ini sangat memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar. Kegiatan bersih-bersih ini tentunya dapat meminimalisir sampah-sampah yang berserakan, menjadikan masyarakat lebih sadar, dan sebagai ladang pahala bagi mahasiswa.

Baca Juga: Volume Sampah di Sleman Mulai Turun 46 Ton per Hari

Sebagai penutup, Pramuda selaku ketua kegiatan mengucapkan terimakasih kepada panitia dan volunteer yang sudah gotong royong membersihkan Alun-Alun Kidul dan semoga kegiatan ini tetap dilestarikan agar kebersihan lingkungan selalu dapat terjaga. []

Artikel dikirim oleh Raffasya Amelia Sritanto, bagian publikasi dari Kelompok Proyek Mata Kuliah Studi Kasus Humas UPNVY 2023.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *