Kampung Kauman Yogyakarta, Tempat Lahir Muhammadiyah Mayoritas Warganya Pilih AMIN

  • Whatsapp
kauman Yogyakarta dukung AMIN
Warga Kauman Yogyakarta Mendukung dan Memilih Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024-2029. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Muhammadiyah, salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia lahir di Kampung Kauman, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Di kampung ini, KH Ahmad Dahlan lahir dan tumbuh kembang.

Warga Kampung Kauman menjelang Pilpres 2024, menjatuhkan mendukung dan memilih pasangan capres-cawapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN. Warga sepakat dengan pilihan politiknya ini dengan memasang baliho dukungan untuk AMIN di gapura yang berada di RW 10 Kauman.

Read More

Baliho tersebut bertuliskan, Warga Kauman Yogyakarta Mendukung dan Memilih Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024-2029. Pada baliho ini juga dibubuhi foto dwi tunggal Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Baca Juga: Takjil Gulai Kambing Masjid Gedhe Kauman Sejak Ahmad Dahlan Mendirikan Muhammadiyah

Tokoh Muhammadiyah Yogyakarta Azman Latief mengatakan, pemasangan baliho AMIN merupakan aspirasi warga Kauman. “Saat temu warga, kumpul-kumpul, ada kesepakatan mendukung pasangan AMIN. Lalu warga RW 10 beinisiatif membuat dan memasang baliho AMIN,” katanya, Kamis, 26 Oktober 2023.

Menurut dia, sebelum memasnag baliho, didahului dengan penbuatan stiker yang ditempel di seluruh rumah warga Kauman. “Jadi yang bikin baliho memang dari RW 10, tapi kesepakatan mendukung pasangan AMIN itu semua warga se Kauman. RW 10 hanya satu dari empat RW di Kauman,” jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Menyalatkan Buya Syafii Maarif di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Takmir Masjid Gedhe Kauman Kota Yogyakarta ini mengungkapkan, warga Kauman mayoritas mendukung pasangan AMIN. “Dan ini bisa dibuktikan saat datang ke Kauman, tanya ke warga siapa yang akan dipilih, ya pasti milihnya itu (pasangan AMIN),” kataya.

Namun, Azman menegaskan, meski Kauman sebagai kampung lahirnya Muhammadiyah, bukan berarti semua warga Muhammadiyah mendukung pasangan AMIN. “Saya tidak bisa mengatakan seperti itu, tapi memang mayoritas warga muhammadiyah mendukung AMIN meskipun dari institusi Muhammdiyah tidak akan mengeluarkan statemen resmi,” jelasnya.

Baca Juga: Banyak Daerah Bernama Kauman di Pulau Jawa, Ini Sejarahnya

“Tapi pribadi-pribadi ada yang bergerak, menggalang dukungan untuk AMIN itu iya. Jadi kami tidak mengatakan, kabeh (semua) warga Muhammmadiyah mendukung AMIN, tapi memang mayoritas mendukung AMIN,” imbuh Azman.

Saat ditanya alasan warga Kauman mendukung pasangan AMIN, Azman menjelaskan ada beberapa faktor. “Pak Anies pernah ke Kauman saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta, ketemu dengan warga, ngobrol-ngobrol. Warga terpukau dengan kecerdasan, pengalaman kepemimpinannya,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, Anies Baswedan tumbuh dan berkembang di Yogyakarta yang punya kedekatan dengan warga, termasuk warga Kauman. “Dulu saat (Pak Anies) masih muda, juga mayoitas warga sudah saling kenal. Jadi ada kedekatan emosional,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *