Fungsi dan Keunggulan Minyak Makan Merah yang Perlu Diketahui

  • Whatsapp
minyak makan merah
minyak makan merah. (Istimewa)

BacaJogja – Produk minyak makan merah sempat viral. Banyak warga Indonesia yang mencari tahu informasi tentang minyak makan merah. Kata minyak makan merah pun sempat ramai dicari di mesin pencarian Google.

Minyak makan merah merupakan produk fungsional untuk meningkatkan daya saing minyak kelapa sawit. Produk ini sudah mendapatkan sertifikasi SNI, yakni SNI 9098:2022. Minyak makan merah juga sudah mendapatkan izin edar pangan olahan dari BPOM RI MD 220219000100074, dan sertifikasi halal ID0010007960620823.

Read More

Baca Juga: Siswa SMP di Gunungkidul Meninggal Jadi Korban Tabrak Lari

Mengutip dari laman kemenkopukm, ada beberapa fungsi dari minyak makan merah:

1. Bahan makanan

Minyak makan merah dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan makanan yang multifungsi, dari mulai menggoreng hingga konsumsi langsung sebagai minyak makan.

2. Bahan kosmetik

Kandungan fitonutrien minyak makan merah, terutama vitamin E dapat dimanfaatkan sebagai bahan aktif kosmesetikal yang dapat mencegah penuaan dini dan bahan farmasi pencegah penyakit degenerative.

Baca Juga: Panduan Lengkap Beli dan Jual Minyak Goreng Pakai NIK atau PeduliLindungi

3. Memiliki gizi anti stunting

Kandungan fitonutrien dan komposisi asam lemak minyak makan merah menjadikannya produk fungsional yang strategis sebagai salah satu upaya pengentasan stunting di Indonesia. Setiap saji (15 gram) mengandung 3150 mcg pro-vitamin A yang setara dengan 875 IU Vitamin A.

4. Memiliki produk turunan bernilai ekonomi tinggi

Turunan dari minyak makan merah adalah bisa digunakan sebagai suplemen dan emulsi anti stunting, red strearin oil (CPO IV rendah), sabun (flanky soap), kosmetik dan skincare, pakan ternak (margot), pupuk fross.

Baca Juga: Tips Agar Tubuh Tetap Sehat, Budayakan Konsumsi Makanan Rendah Minyak

5. Meningkatkan kesejahteraan keluarga petani

6. Menghadirkan keberlanjutan pasokan minyak goreng sehat dan terjangkau bagi masyarakat

7. Membuka lapangan pekerjaan berkualitas.

Praktik pengelolaan minyak makan merah ini juga sudah dilakukan oleh negara lain seperti Malaysia dan Kamerun. Bahkan, karena besarnya manfaat dari minyak makan merah ini China banyak mengimpor minyak makan merah dari Malaysia untuk memerangi kekurangan vitamin A di Negeri Panda tersebut. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *