Menengok Cara Pembuatan Lilin Aromaterapi Bahan Minyak Kelapa di Kulon Progo

  • Whatsapp
perebusan lilin aromaterapi
Salah satu pembuatan lilin aromaterapi dengan perebusan. (Foto: UNY)

BacaJogja – Buah kelapa yang banyak dijumpai di Indonesia, dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Termasuk membuat minyak, yang bisa digunakan sebagai bahan menjadi lilin aromaterapi.

Inilah yang dilakukan mahasiswa KKN Vokasi UNY di Bojong 3 Panjatan Kulon Progo. Mereka adalah Reza Al-Faruqi, Citra Ramadhani, Wina Nurlita Putri, Elva Khusna, Agista Adfah Pramesti, Qanita Diza Astuti, Hanamel Ananta, Anggie Lusiana Devi dan Nadia Syalwa.

Read More

Baca Juga: Fun Therapy Umbul Pluneng Klaten, Cek Kesehatan dan Makan Sehat Gratis

Menurut Ketua KKN Reza Al-Faruqi, mereka memanfaatkan potensi kelapa yang ada di wilayahnya karena masyarakat Bojong 3 kurang memanfaatkan potensi yang ada. “Mereka hanya menjual hasilnya seperti buah kelapa, daun kelapa, kulit buah kelapa, dan sebagainya. Jarang yang mengolah kelapanya menjadi minyak,” katanya, Senin, 12 Juni 2023.

Minyak kelapa bermanfaat bagi kesehatan di antaranya mengurangi lemak perut, sembuhkan luka bahkan mengobati peradangan. Aroma sedapnya kelapa dapat digunakan sebagai aromaterapi yang menenangkan bayi. Hal ini yang menjadi dasar pembuatan lilin aromaterapi berbahan baku minyak kelapa.

Produk Lilin aromaterapi
Produk Lilin aromaterapi dari bahan minyak kelapa di Kulon Progo. (Foto: UNY)

Penanggungjawab kegiatan Anggie Lusiana Devi mengatakan, lilin ini menggunakan minyak kelapa sebagai bahan tambahannya dan ampas kelapa sebagai hiasan. “Selain itu, lilin aromaterapi ini bisa menjadi ide bisnis masyarakat desa Bojong 3,” katanya.

Bahan, Peralatan dan Proses Pembuatan Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi sendiri mempunyai banyak manfaat seperti menghilangkan stres, menenangkan pikiran, sebagai hiasan ataupun dekorasi ruangan, serta dapat menjadi sumber cahaya ketika listrik sedang padam.

Mahasiswa prodi D4 Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Vokasi UNY Kampus Wates ini menjabarkan bahan yang dibutuhkan yaitu kompor, panci, timbangan digital, wadah lilin, sumbu lilin, palm wax, minyak kelapa, essensial oil, ampas kelapa dan dry flower.

Baca Juga: Ini yang Dilakukan Sri Sultan Sebelum Pemeriksaan Kesehatan Jabatan Gubernur

Proses pembuatannya yaitu dengan menyiapkan palm wax yang dipanaskan dalam air mendidih dengan api menyala hingga mencair, tambahkan minyak kelapa 5 ml dan essensial oil 5 ml, aduk hingga tercampur merata.

Siapkan wadah dan sumbu lilin kemudian tuangkan larutan lilin ke dalam wadah. Tambahkan hiasan untuk mempercantik lilin aromaterapi, kemudian diamkan hingga larutan lilin menjadi padat.

Baca Juga: Ragam Manfaat Kesehatan Mi Kulit Singkong Karya Mahasiswa UNY

Pelatihan dilaksanakan bagi para remaja di Bojong 3 terutama remaja putrinya yang mengikuti dengan antusias. Mereka membuat lilin aromaterapi dengan mengkreasikan sesuka mereka, dengan alat dan bahan yang sudah disediakan. Pada program kerja ini Anggie memberikan nama produk lilin aromaterapi ‘Coconut Candle’. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *